Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Ajak Berkomitmen Majukan Kapabilitas Pendidikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11287.jpg

    BANDUNG-Pendidikan manusia mencakup aspek akademik dan non-akademik. Pendidikan karakter sebagai bagian dari pendidikan non-akademik sangatlah penting, mengingat karakter yang kuat harus dipupuk sedini mungkin.

    Untuk itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen dan bertanggung jawab dalam memajukan kapabilitas pendidikan generasi muda. Menurutnya, sekolah seharusnya tidak hanya memperluas wawasan dan pengetahuan anak, tetapi juga dapat membentuk karakter dan moral yang baik dan kuat.

    "Dengan bersekolah, anak-anak akan lebih rasional dalam memahami jalan hidupnya", ujar Deddy dalam sambutannya di acara Seminar Pendidikan Karakter di Gedung Merdeka Bandung, Sabtu (28/02).

    "Semakin rasional cara pandangnya, maka anak juga akan mampu menata bagaimana tatanan hidupnya yang lebih baik di masa mendatang", lanjut Deddy.

    Seminar yang mengusung tema "Investasi Bangsa Melalui Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Membangun Indonesia yang Bermartabat" ini juga mendatangkan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah RI Anies Baswedan.

    Dalam paparannya, Anies mengungkapkan, bahwa belajar tidak bisa dilakukan dari satu sisi saja, tetapi juga harus melibatkan karakter, karena menurutnya pendidikan bukan sekedar persiapan dalam mencari pekerjaan.

    "Pendidikan yang tidak menyentuh karakter, tidak bisa disebut pendidikan", pungkas Anies.

    "Karakter itu dikembangkan lewat keteladanan, pembiasaan rutinitas, dan disiplin diri", tambahnya.

    Seminar ini diprakarsai oleh Radio Raka 98,8 FM dan Radio Sonora 93,3 FM Bandung, dan dihadiri sekitar 600 peserta, yang didominasi oleh para guru SD, SMP, dan SMA/SMK di Indonesia.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus