Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengusaha Khawatirkan Rupiah Terus Anjlok

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11412.jpg

    BANDUNG-Nilai rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat pekan ini terus melemah. Pelemahan nilai tukar akan sangat berdampak pada industri yang menggunakan bahan baku impor.

    Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat, Dedy Widjaja mengatakan kondisi ini tentunya akan sangat memberatkan para pengusaha, khususnya tekstil di Jabar, karena bahan baku mayoritas impor. "Biaya operasionalnya bakal membengkak," ujar dia.

    Menurutnya, kondisi ini akan menjadi ancaman serius bagi para pengusaha. Bukan tidak mungkin ada pengusaha yang mengalami kesulitan finansial untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya. Sehingga hal ini
    bisa memicu pengusaha yang akan gulung tikar sebagai imbas dari nilai tukar rupiah yang terus melemah.

    Bagi pengusaha, mau tidak mau harus menyusun strategi untuk bisa tetap bertahan di situasi kondisi seperti ini. salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penyesuaian harga. Karena jika opsi tersebut tidak diambil, maka pengusaha akan mengalami kerugian yang sangat besar.

    "BI punya wewenang untuk segera intervensi rupiah.Tentunya kita tidak berharap kondisi seperti ini terus berlanjut dan akan semakin berdampak luas terhadap masyarakat juga pengusaha," tutupnya. jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus