Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siap Cetak 930 Wirausahawan Baru

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11414.jpg

    BANDUNG-Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Provinsi Jawa Barat, Budiman, A.Pi, MSi mengatakan, dalam tahun anggaran 2015 ini, Diskanlaut Provinsi Jawa Barat akan mencetak 930 wirausaha baru. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan kegiatan pencetakan wirausahawan baru bidang perikanan pada tahun 2014 yang hanya sebanyak 210 orang.

    “Pencetakan Wirausahawan Baru dalam bidang perikanan ini, kita arahkan banyaknya pada wirausaha budidaya, yaitu budidaya ikan lele, ikan mas, ikan patin dan budidaya ikan hias,” kata Budiman di ruang kerjanya, Kantor Diskanlaut Provinsi Jawa Barat, Jalan Wastukencana, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id, Selasa (10/3).

    Pencetakan wirasausahawan baru ini merupakan bagian dari Gerakan Pencetakan 100.000 Wirausahawan Baru Jawa Barat yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kegiatan pencetakan wirausaha baru di bidang perikanan itu, menurut Budiman, diawali dengan rekrutmen oleh Diskanlaut Provinsi Jawa Barat dengan rekomendasi dari kabupaten/kota. Calon wirausahawan baru tersebut, diutamakan warga yang tempat tinggalnya berdekatan dengan balai yang merupakan UPTD lingkup Diskanlaut Provinsi Jawa Barat.

    “Misalnya, untuk Karawang dan Subang, calon wirausahawannya diarahkan untuk budidaya ikan lele. Soalnya, budidaya ikan lele mensyaratkan daerah panas. Dan itu berdekatan dengan Balai Pengembangan Budidaya Ikan Patin dan Lele Subang yang berlokasi di Jalan Raya Purwadadi Km 2 Sukamandi Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang,” katanya.

    Sedangkan untuk calon wirausahawan baru dari daerah Priangan, misalnya dari Tasikmalaya dan Garut, diarahkan untuk budidaya ikan gurame.

    “Para calon wirausahawan baru itu nanti akan mengikuti pelatihan budidaya ikan sesuai yang diminatinya oleh Diskanlaut Jabar,” katanya.

    Adapun persyaratan untuk menjadi wirausahawan baru di bidang perikanan, umumnya sama dengan persyaratan calon wirausahawan baru di bidang lainnya. Diantaranya, warga Jawa Barat yang dibuktikan dengan fotocopy KTP, berusia 18 tahun sampai 45 tahun, pendidikan minimal SLTP/sederajat, sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter dan berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan bekelakuan baik dari desa/kelurahan atau pemerintah setempat. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus