Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Indramayu Andalan Swasembada Beras

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11425.jpg

    INDRAMAYU-Kabupaten Indramayu dengan luas lahan sawah mencapai 116.609 hektar sangat diandalkan untuk mewujudkan swasembada beras nasional. Dengan target produksi 1,7 juta ton gabah kering panen, Kabupaten Indramayu terus menjadi tempat observasi pertanian bagi daerah lainnya.

    Hal demikian dikemukakan Bupati Indramayu, Anna Sophanah, saat acara Panen Raya, Rabu (11/3) di Desa Sukamelang Kec. Kroya, Indramayu.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menjelaskan, untuk mencapai target produksi tersebut Kabupaten Indramayu telah memiliki Perda Nomor 16 tahun 2013 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). Perda ini dibuat sebagai upaya menjaga luas lahan sawah agar tidak digunakan untuk kepentingan lain yang berakibat berkurangnya lahan sawah dan berdampak pada berkurangnya hasil produksi pertanian padi baik Jawa Barat maupun Nasional.

    Namun sayang, untuk mendukung swasembada beras nasional itu, kondisi pertanian di Indramayu masih menyisakan sejumlah persoalan yakni kondisi jaringan irigasi di Kabupaten Indramayu mengalami kerusakan sebanyak 60 persen, ujar Anna Sophanah.

    Untuk perbaikan irigasi tersebut memerlukan anggaran sebesar 6,65 triliun. Jika dikerjakan selama kurun waktu 5 tahun, maka setiap tahunnya diperlukan anggaran sebesar 1,33 triliun dan Indramayu baru mampu menganggarkan dana sebesar 66 miliar atau 5 persen setiap tahunnya.

    “Kondisi demikian, lanjut Anna Sophanah, mengharuskan Indramayu benar-benar serius dalam memperbaiki saluran irigasi. Pemkab tidak mampu untuk mengerjakan sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dan kebijakan dari Pusat dan Provinsi,” kata bupati.

    Sementara itu Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaeman menjelaskan, Kabupaten Indramayu dan kabupaten/kota lainnya di pesisir utara Jawa sangat memberikan kontribusi dalam mewujudkan target swasembada beras yang belum pernah terwujud selama 30 tahun.

    Untuk itu, Kementrian Pertanian berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi kabupaten / kota yang ada pantai utaranya terutama daerah agraris. Dengan adanya dukungan berbagai sarana dan prasarana sehingga swasembada beras diharapkan bisa tercapai pada bulan Oktober 2015 mendatang sebelum berlakunya Masarakat Ekonomi Asean (MEA).

    Pada kesempatan itu Menteri Pertanian, Gubernur Jawa Barat, Bupati Indramayu, bersama dengan masyarakat dan petani melakukan panen perdana musim tanam 2014/2015 di Desa Sukamelang Kecamatan Kroya, Rabu (11/03/2015). 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus