Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Presiden Jokowi Umumkan Harga Gabah Kering Panen

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11556.jpg

    INDRAMAYU-Setelah 2 tahun tidak mengalami perubahan harga, akhirnya Presiden Joko Widodo mengumumkan harga Gabah Kering Panen (GKP) baru, menjadi Rp 3.700/kg. Harga tersebut naik sekitar 10,4% dari harga sebelumnya yaitu Rp 3.300/kg.

    "Saya umumkan ini untuk pertama kalinya. Harga gabah kering panen naik menjadi 3.700 rupiah per kilo", ungkap Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada acara penyerahan bantuan traktor di Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Rabu (18/03).

    Jokowi mengungkapkan, penetapan harga tersebut sudah melalui perhitungan dan pertimbangan yang ketat. Harga baru tersebut akan mulai berlaku jika penetapan telah diresmikan.

    Dengan naiknya harga GKP, Presiden Jokowi meminta para petani agar senantiasa meningkatkan produksinya. Untuk itu, Pemerintah Pusat menyalurkan bantuan 5132 unit traktor, yang akan didistribusi ke seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

    Pemerintah Pusat juga menyalurkan bantuan lainnya, berupa bantuan irigasi sepanjang 207.000 hektar, terpanjang sepanjang sejarah, bantuan kedelai untuk 87.000 hektar lahan, serta bantuan pupuk.

    Dengan didistribusikannya bantuan traktor tersebut, maka secara nasional, bantuan traktor sudah mencapai 30.000 unit dr rencana 60.000 unit di tahun 2015.

    Presiden Jokowi sangat optimis bahwa pasokan beras nasional dipastikan akan meningkat. Dengan begitu, tidak akan ada lagi beras import, dan petani bisa lebih sejahtera.

    "Kesejahteraan petani tidak bergantung dari harga beras, tapi dari produktivitas hasil lahan per hektarnya", ujar Presiden Jokowi.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus