Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembangunan Berbasis Metropolitan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11756.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar, dalam rangka kesinambungan pembangunan ke depan, sudah merancang perencanaan pembangunan yaitu pembangunan berbasis metropolitan dan 3 pusat pertumbuhan.

    Hal demikian, diungkapkan Kepala Bappeda Jabar, Deny Juanda, dalam kegiatan Musrenbang Prov. Jabar, pekan ini, di Hotel Horizon.

    Sejalan dengan rencana pembangunan berbasis 3 metropolitan dan 3 pusat pertumbuhan, konsep yang dibuat, yaitu pertama, Twin Metropolitan Bodebek Karpur-DKI Jakarta. Untuk pengembangan wilayah ini,  pembangunan dirancang aktivitas perkotaan yang mandiri dan manajemen metropolitan yang mandiri.

    Kedua, Metropolitan Bandung Raya dengan desain pembangunan yang dirancang metropolitan modern dengan sektor unggulan wisata perkotaan, industri kreatif serta Iptek dan seni.

    Ketiga, Metropolitan Cirebon Raya dengan desain pembangunan yang dirancang kota metropolitan budaya dan sejarah, berbasis wisata, industri dan kerajinan.

    Keempat, sambung Deny, pengembangan pusat pertumbuhan Pangandaran Raya. Di kawasan ini akan dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan berbasis sektor pariwisata.

    Di kawasan Pangandaran ini, akan dilakukan penataan kawasan pariwisata, pengembangan dan pembangunan infrastruktur pariwisata serta peningkatan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di pusat pertumbuhan Pangandaran.

    Kelima, pengembangan pusat pertumbuhan Rancabuaya dengan sektor prioritas yang dikembangkan pariwisata. Desain sektor pembangunan yang dikembangkan meliputi : transportasi regional, pengembangan dan pembangunan infrastruktur pariwisata dan peningkatan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata.

    Keenam. Pengembabgan pusat pertumbuhan Palabuhanratu dengan sektor pembangunan yang menjadi prioritas pariwisata dan perikanan.

    Hal-hal yang dikembangkan di kawasan tersebut, lanjut Deny, yaitu pengembangan kawasan minapolitan, pengembangan dan pembangunan infrastruktur pariwisata serta peningkatan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata dan perikanan. (SN)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus