Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Panen Belimbing Dewa Sukses, Wagub Acungkan Jempol

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11759.jpg

    DEPOK–Komoditas buah unggulan dari Kota Depok, Belimbing Dewa, kini mulai dikembangkan masyarakatnya. Salah satu petani belimbing kualitas terbaik ini adalah Nanang Yusup, yang juga pendiri Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Si Dewa.
     
    Dengan keseluruhan lahan P4S Si Dewa seluas sekitar 2 hektar, Nanang dapat memanen belimbing hingga 4 kali per tahunnya. Dalam satu tahun, tiap pohon belimbing mampu menghasilkan hingga 2 kuintal belimbing. Rata-rata petani menjual belimbing dewa ini seharga Rp 15.000 per kilogramnya. Dengan demikian, aset yang dihasilkan dari satu pohon belimbing dalam satu tahun mencapai Rp 3.000.000. Bayangkan aset per hektarnya dalam satu tahun.
     
    Menanggapi suksesnya panen belimbing ini, Wakil Gubernur Jawa Barat acungkan jempol. Menurutnya, potensi belimbing ini harus dikembangkan lebih jauh lagi. Apalagi, belimbing berukuran besar ini tergolong unik dan tidak semua daerah mampu menghasilkan belimbing sebaik belimbing dewa ini.
     
    “Saya kira kedepannya harus ada kelembagaan yang mengelola bisnis ini," pungkas Deddy ditemui usai pertemuan dengan petani belimbing Si Dewa, di Desa Pitara, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jum’at (03/04).
     
    “Harus ada juga pengembangan teknologi dari belimbing ini secara masif, sehingga masyarakat yang ada di sekitar sini betul-betul merasakan manfaat kehadiran belimbing ini," lanjutnya.
     
    Nanang memaparkan bahwa dalam pengembangannya, jenis belimbing ini tidak dapat tumbuh secara optimal di sembarang tempat, karena topografi dan ketinggian dari permukaan laut (dpl) harus diperhatikan, sehingga butuh penelitian lebih lanjut terkait bagaimana membudidayakan belimbing dewa ini secara masif.
     
    Nanang juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk itu, Nanang terus melakukan pelatihan bagi masyarakat sekitar. Menurutnya, jika SDM memadai, maka pembudidayaan belimbing dewa dapat diperluas lagi.
     
    “Sekarang ini kita masih menyiapkan SDM, jadi kita adakan pelatihan-pelatihan. Jika SDM-nya sudah bagus, semua bisa kita kelola lebih jauh," ujar Nanang.
     
    “Selain menyiapkan SDM, kita juga terus memperbanyak dan menyiapkan benih-benih belimbing," tambahnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus