Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Deddy Harapkan Isuzu Kontribusi Nyata Bagi Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11793.jpg

    KAB. KARAWANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengharapkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI)yang membuka pabrik barunya di Karawang, berkontribusi secara nyata dengan menjajaki ekspor hasil produksinya, serta menerapkan konsep green company.

    “Peresmian pabrik baru PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini tentunya akan memberikan kontribusi bagi bangsa secara nyata dengan menjajaki kemungkinan ekspor produk truk kelas ringan yang diproduksi pabrik baru ini,” harap Deddy Mizwar dalam sambutannya.

    Dengan demikian, pabrik ini dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal, serta memajukan industri manufaktur otomotif dalam negeri, sehingga pada akhirnya dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan perekonomian Indonesia.

    PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali membuka pabrik barunya dengan nama Isuzu Karawang Plant. Pabrik ini terletak di Kawasan Industri Suryacipta atau Suryacipta City of Industry, Karawang Timur, Kabupaten Karawang dan diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI Saleh Husin, Rabu (7/4).

    Pabrik Isuzu sebelumnya telah hadir di Indonesia sejak tahun 70-an hingga 2014, yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi. Namun, saat ini pabrik tersebut sudah mencapai kapasitas produksinya yang maksimum. Untuk itu, Isuzu memindahkan dan sekaligus membuka pabrik yang lebih besar dan modern di Karawang tersebut.

    Presiden Direktur PT IAMI Yohanes Nangoi mengatakan, investasi yang digulirkan pada pabrik baru ini mencapai Rp 1,7 Triliun, dengan harapan dapat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi global Isuzu di luar Jepang.

    “Upaya ini bukan hanya untuk meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi kebutuhan kendaraan niaga di Indonesia, tapi merupakan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas produk Isuzu agar memenuhi standar kualitas kelas dunia dan pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi global Isuzu di luar Jepang. Dengan berdirinya pabrik baru ini, varian produk kami dari kendaraan kecil sampai kendaraan besar siap menjadi motor penggerak ekonomi Indonesia,” ungkap Yohanes dalam sambutannya.

    Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pabrik baru Isuzu di Karawang tersebut, menjadi bukti iklim di Indonesia yang baik dan terus meningkat.

    Selain itu, Saleh pun berharap Isuzu dapat mengekspor produknya ke berbagai Negara serta dapat mengurangi defisit industri otomotif di Indonesia. “Kita berharap minimal 50 persen produksinya bisa diekspor ke berbagai Negara,” ujar Saleh.

    Isuzu Karawang Plant mulai dibangun pada Oktober 2013 dan selesai pada akhir tahun 2014. Pabrik yang terletak di kawasan seluas 300.000 m2 ini memiliki kapasitas produksi hingga 52.000 unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80.000 unit per tahunnya. Pabrik baru Isuzu ini mampu memproduksi kendaraan truk kelas ringan, yaitu Isuzu Elf dan truk kelas menengah Isuzu GIGA.

    Selain itu, Isuzu Karawang Plant ini memiliki fasilitas produksi yang terdiri dari framing, welding, painting, assembling, warehouse, vehicle stock, tear down area dengan menerapkan konsep environment and safety, quality, cost and delivery (EQCD). Ada pula gedung perkantoran yang digunakan oleh Divisi Technical & Production, Product Planning dan Purchasing. Kawasan pabrik Isuzu ini juga dilengkapi dengan kebutuhan karyawan seperti tempat ibadah, kantin, koperasi, ruang ganti yang nantinya akan digunakan oleh 1200 karyawan.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus