Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perkuat Mutu Proses Pembelajaran

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11884.jpg

    BANDUNG-USAID PRIORITAS Jawa Barat bekerja sama dengan UPI, UIN, dan sekolah binaan UPI/UIN menyelenggarakan lokakarya Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (10-12/4).

    Lokakarya ini merupakan putaran ketiga kelanjutan dua putaran lokakarya sebelumnya. Berlangsung di hotel Novotel, Bandung, lokakarya ini fokus pada empat topik, yaitu (1) literasi bahasa SD, (2) literasi bahasa SMP, (3) literasi matematika MTs, dan (4) literasi Sains MTs. 

    Lokakarya diikuti oleh 16 orang, terdiri atas delapan orang dosen (UPI/UIN Bandung) dan delapan orang guru SDN Sukarasa, SMP Lab UPI, dan MTsN 2 Bandung. “Peserta terbagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok terdiri atas dua orang dosen dan dua orang guru dan fokus pada salah satu dari empat topik di atas,” jelas Khaerudin Kurniawan, staf USAID PRIORITAS Jawa Barat. Setiap kelompok didampingi oleh seorang ahli PTK dari UNY Yogyakarta, Unesa Surabaya, UNJ Jakarta, dan UPI Bandung.
     
    Khaerudin juga mengatakan, setiap kelompok telah melakukan riset aksi di sekolah dan telah mulai mengolah data hasil penelitian tindakan sebelum hadir pada lokakarya ini. Setiap kelompok kemudian menyajikan hasil analisis datanya untuk mendapatkan umpan-balik dari segenap peserta lokakarya.
     
    Erna Irnawati, koordinator USAID PRIORITAS Jabar, menjelaskan, bahwa pada lokakarya ketiga ini para guru dan dosen juga membuat pelaporan penelitian. “Para guru bekerjasama dengan dosen melakukan penelitian tindakan kelas sejak perencanaan hingga pelaporan,” jelas Erna. Hasil kegiatan PTK ini, kata Erna, akan diseminarkan secara nasional pada bulan Mei 2015 bersama mitra USAID di tujuh provinsi, meliputi Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat , Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.
     
    Tatat Hartati, Ph.D, dosen di UPI Bandung, menaruh apresiasi terhadap PTK yang disebut mampu mendorong gairah meneliti para guru dan dosen. “Temuan-temuan PTK langsung menjadi modal strategis para guru memandu proses pembelajaran yang baik dan, pada gilirannya, tentu saja meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan,” ujar Tatat. 

    Hal senada disampaikan Tendi Setiadi, guru di MTsN 2 Kota Bandung. Menurutnya, melalui penelitian tindakan kelas ditemukan titik-titik lemah proses pembelajaran sehingga guru mengetahui apa mesti diperkuat. “PTK menjadi strategi ampuh memperkuat kualitas proses belajar,” ucapnya.
     
    USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students) adalah program yang dirancang dan didanai oleh USAID untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas selama lima tahun. USAID PRIORITAS merupakan bagian dari Kesepakatan No 497-025 antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia yang ditandatangani pada tanggal 30 September 2011. [DS]

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus