Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Memupuk Minat Baca Sejak Anak Usia Dini

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11909.jpg

    BANDUNG- Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pemberdayaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (P3BB) melakukan kegiatan pembudayaan kegemaran membaca pada masyarakat. Salah satunya melalui jalur informal.

    “Yang dimaksud jalur informal di sini adalah di lingkungan keluarga. Nah, membangkitkan dan memupuk minat baca pada anak itu, harus dilakukan sejak anak usia dini, Dalam hal ini, peran orang tua sangat besar dan utama. Oleh karena itu, dalam tahun anggaran 2015 ini, kita akan menggelar penumbuhan minat baca melalui bahan bacaan pada anak usia dini,” kata Kepala Bidang P3BB Bapusipda Jawa Barat, Dra. Ida Hendrawati di kantornya, Jalan Soekarno Hatta Nomor 629, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id.

    Dalam kegiatan tersebut, Bidang P3BB Bapusipda Jabar akan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat. Nanti Tim Penggerak PKK Provinsi bekerjasama juga dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/kota untuk menentukan PAUD mana yang akan menjadi lokus kegiatan tersebut.

    Kegiatan penumbuhan minat baca anak dilakukan di lembaga PAUD, ,menurut Ida, pertimbangannya bahwa sebetulnya targetnya adalah para orang tua. Maka untuk mengumpulkan para orang tua supaya efektif adalah pada lembaga PAUD. Sehingga pada saat pihaknya datang ke PAUD, orang tuanya ada, anak-anaknya ada dan pengelola PAUD nya juga ada.

    Teknis kegiatannya nanti, kelompok anak-anak diberikan stimulan, misalkan dengan diajak menyanyi tentang membaca atau perpustakaan, mempekenalkan buku dan perpustakaan kepada anak-anak. Sedangkan kepada orang tuanya, memberikan pembekalan dan mereka juga diajak diskusi tentang peran orang tua dalam memupuk minat baca anak di lingkungan keluarga.

    Pengelola PAUD nya juga diberi pembekalan bagaimana cara mengelola perpustakaan secara sederhana di lingkungan PAUD. “Dalam kegiatan ini juga, kita membawa alat peraga atau alat bantu percontohan berupa buku bacaan untuk anak-anak usia dini. Tapi dalam kegiatan targetnya bukan agar anak usia dini bisa membaca, karena anak usia dini itu tidak boleh dipaksakan belajar membaca, kecuali kalau memang anaknya sudah punya keinginan dan bisa mengingkuti untuk diajarkan membaca. Targetnya para orang tua meminjam buku yang kita siapkan dengan harapan di rumahnya nanti para orang tua membimbing putra-putrinya untuk mengenal buku. Kalau anak ingin isi cerita dalam buku tersebut, orang tua membacakannya. Sehingga nantinya si anak mau membuka buku dan berkeinginan untuk belajar membaca,” tutur Ida.  (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus