Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Workshop Bagi Calon Pegiat Membaca dan Menulis di Bapusipda Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11995.jpg

    BANDUNG- Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pemberdayaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (P3BB).

    Akan menggelar kegiatan workshop bagi calon pegiat membaca dan menulis atau calon pegiat literasi di Jawa Barat di Gedung Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Jalan Kawaluyaan Indah II Nomor 4 Kota Bandung, Kamis (23/4).

    “Workshop bagi calon pegiat literasi ini akan diikuti oleh 200 orang peserta dan diupayakan ada perwakilan dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Tapi, bukan merupakan orang yang ditugaskan dari pihak manapun karena kalau ditugaskan dikhawatirkan akan menjadi beban buat mereka. Mendaftar menjadi peserta workshop tersebut, harus atas kesadaran sendiri,” kata Kepala Bidang P3BB Bapusipda Jawa Barat, Dra. Ida Hendrawati di kantornya, Jalan Soekarno Hatta Nomor 629, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id, Selasa (21/4).

    Menurut Ida, kegiatan Workshop Bagi Calon Pegiat Membaca dan Menulis tersebut dirangkaikan dengan Seminar Internasional Membangun Budaya Baca Masyarakat.

    “Dalam workshop dan seminar internasional tersebut, Insya Allah akan hadir sukarelawan dari Korea Selatan yaitu Mr. Bae Dae Ho sebagai salah seorang nara sumber yang akan memaparkan materi “Membangun Budaya Baca di Korea. Kita ingin menggali bagaimana pembudayaan kegemaran membaca di Korea. Kalau memang bagus, kenapa tidak kita bisa terapkan di Jawa Barat,” katanya.

    Selain menghadirkan nara sumber dari Korea Selatan, kata Ida, pihaknya juga menghadirkan nara sumber yaitu Mrs. Marilyn Sleath, Direktor International Education Services of South Australia Departement for Education and Children Development, Mr. Darryl Carter, Manager International Education Services dengan materi Smart Reading Challenge serta dari Perpustakaan Nasional RI yaitu Drs. M. Syarif Bando, MM selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca dengan materi, Kebijakan Pembudayaan Kegemaran Membaca Masyarakat di Indonesia.

    “Sedangkan Keynote Speech oleh Ibu Dr.Hj. Netty Prasetyani, M.Si dengan tema, Tantangan Pegiat dalam Membangun Budaya Baca Tulis Masyarakat Jawa Barat,” katanya.

    Ida menjelaskan, dalam kegiatan workshop, para peserta akan diberi informasi mengenai teknis bagaimana dan apa yang harus dilakukan oleh mereka setelah mengikuti workshop, sehingga setelah selesai workshop bukan berarti selesai kegiatan tersebut, tetapi ada kegiatan tindaklanjutnya.

    “Ke-200 orang peserta workshop itu setelah kembali ke daerahnya masing-masing, setiap satu peserta nanti kita tugaskan harus merekrut minimal 10 orang masyarakat untuk membentuk komunitas baca. Setelah terbentuk komunitas baca setiap peserta harus membaca 1 judul per minggu dan mensosialisasikan apa yang sudah dibacanya dalam komunitas baca tersebut. Selanjutnya ada target berapa buku yang harus dibaca dalam kurun waktu sekian bulan. Tentunya juga nanti ada instrument yang harus diisi untuk mengecek atau mengevaluasi, apakah mereka benar tidak melakukan apa yang kita tugaskan,” jelas Ida.

    Setelah beberapa bulan diberi tugas, kata Ida, para peserta workshop yang 200 orang itu dan perwakilan komunitas baca yang mereka rekrut, akan diundang lagi pada tanggal 14 Septemner 2015, bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan Nasional.
    “Dalam kesempatan tersebut kita ingin memberikan kesempatan kepada meraka untuk memaparkan apa yang mereka sudah lakukan. Jadi, melalui workshop bagi calon pegiat membaca dan menulis atau pegiat literasi ini, harapan kita menjadi suatu kegiatan yang secara riil dan terus menerus berkesinambungan, juga melahirkan pegiat membaca dan menulis semakin banyak untuk kegiatan pembudayaan kegematan membaca,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus