Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pasar Cimindi Sentra Batu Akik Cimahi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12170.jpg

    CIMAHI-Ketua Asosiasi Penggemar dan Pedagang Batu Mulia dan Akik (Sabilulungan Gamestone) Cimahi, Ahmad Syafei mengatakan, pihaknya ingin menjadikan Pasar Cimindi menjadi pusat pedagangan batu mulia dan batu akik seperti halnya ITC Kota Bandung dan Pasar Jatibening Jakarta.

    “Mudah-mudahan Pasar Cimindi ke depan menjadi sentra batu akik di Kota Cimahi, sehingga siapa pun yang ingin membeli batu akik, bisa datang ke Pasar Cimindi,” kata Ahmad Syafei di Pasar Cimindi, Jalan Maharmartanegara, Kota Cimahi kepada wartawan, belum lama ini.

    Salah satu upaya untuk mewujudkan keinginannya menjadikan Pasar Cimindi sebagai sentra penjualan batu akik di Kota Cimahi, Asosasi Penggemar dan Pedagang Batu Mulia dan Batu Akik (sabilulungan gamestone) Cimahi menggelar pameran batu mulai dan batu akik sejak tanggal 26 April 2015 hingga 6 Mei 2015.

    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, Selasa (5/5), pameran untuk yang kedua kalinya itu, kurang lebih diikuti oleh kurang lebih 20 pedagang batu akik. Mereka menjajakan berbagai jenis batu akik, antara lain kalimaya dari Banten, Pancawarna dari Garut Selatan, badar besi, giok, wulung, kinyang, pirus dan ada juga yang menjajakan baru akik Bacan,

    Selain menjajakan batu akik yang sudah jadi terpasang di cincin, para peserta pameran juga menjual batu akiknya saja tanpa cincin. Bahkan, sejumlah peserta pameran menerima pembuatan batu cincin, mulai dari memotong, menggurinda dan menggosok, mulai dari batu akik berupa bongkahan hingga menjadi batu akik siap dipasang untuk sebuah cincin.

    Asep, salah seorang pedagang batu akik dari Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, peserta pameran tersebut berharap, pameran batu akik lebih sering lagi digelar di Pasar Cimindi. Stand pamerannya agar dperbanyak sehingga dapat menampung lebih banyak lagi para pedagang batu akik di Kota Cimahi yang selama ini tersebar, bahkan da yang di trotoar-trotoar jalan raya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus