Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diklatpim Tingkat III Angkatan I

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12256.jpg

    BANDUNG- Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan I di Kampus Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Jalan Windu Nomor 26, Kota Bandung.

    Diklatpim Tingkat III Angkatan I Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2015 tersebut, dibuka oleh Kepala Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Dr.H. Herri Hudaya, Msi di Aula Kampus Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Jalan Windu Nomor 26, Kota Bandung, Selasa (12/5).

    Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan dan Fungsional Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Drs. Budy Hermawan, Msi dalam laporannya menjelaskan, Diklatpim Tingkat III Angakatan I diikuti oleh 25 orang siswa, berasal dari organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    “Tujuan Diklatpim Tingkat III Angkatan I ini untuk membentuk kompetensi kepemimpinan praktikal pra pejabat eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing. Sedangkan sasaran Diklatpim ini adalah terwujudnya Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan, jabatan dan struktural eselon III,” katanya.

    Drs. Budy menjelaskan, kegiatan Diklatpim Tingkat III Angkatan I dilaksanakan dengan pola baru berdasarkan Peraturan Kepala LAN RI Nomor 12 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, dimana dalam diklatpim ini, siswa tidak hanya melakukan pembelajaran di dalam kampus atau on kampus, tetapi juga dilaksanakan di luar kampus atau off kampus di lingkungan instansinya masing-masing.

    Kegiatan Diklatpim Tingkat III, dilaksanakan dengan lima tahap pembelajaran, yaitu pertama, tahap diagnosa  kebutuhan perubahan organisasi. Kedua, tahap ceking ownership. Ketiga, tahap perubahan dan membangun tim. Keempat, tahap laboratorium kepemimpinan, dan kelima adalah tahap evaluasi.

    Evaluasi terhadap siswa Diklatpim Tingkat 3 meliputi dua aspek dengan bobot sebagai berikut. Pertama, dari aspek sikap dan prilaku dengan bobot 40 persen. Kedua, dari aspek kualitas perubahan dengan bobot 60 persen.

    “Ketidakhadiran siswa melebihi 6 sesi atau 18 jam pembelajaran, siswa dinyatakan gugur. Kepada siswa yang telah menyelesaikan seluruh program dengan baik dan dinyatakan lulus, maka akan diberikan surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan dan kepada yang tidak lulus diberikan surat keterangan telah mengikuti Diklatpim Tingkat III,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus