Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BP Taman Budaya Revitalisasi Seni Manorek

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12370.jpg

    BANDUNG- Kepala Seksi Pengembangan Balai Pengelolaan (BP) Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Iwan Gunawan, S,Sn, MM mengungkapkan, BP Taman Budaya baru saja menyelesaikan kegiatan revitalisasi Seni Manorek, kesenian tradisional dari Kabupaten Ciamis.

    “Kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang dilakukan oleh BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat dalam rangka mengimplementasikan upaya pemeliharaan, pengembangan dan pemanfaatan kesenian tradisional,” kata Iwan di ruang kerjanya, Gedung BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Jalan Bukit Dago Selatan Nomor 53A, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id, Rabu (20/5).

    Iwan menjelaskan, seni manorek merupakan kesenian tradisional yang harus segera mendapatkan upaya revitalisasi karena keberadaan kesenian tersebut tergolong kepada posisi kesenian yang hampir punah. Sudah lima belas tahun kesenian ini tertidur. Posisinya dalam keadaan tidak utuh lagi, dimana para pelaku seninya sudah banyak yang meninggal dunia, ada juga yang berpindah tenpat tinggal. Kemudian juga perlengkepan atau peralatan keseniannya sudah mulai rusak karena.

    “Kami berpandangan bahwa seni Manorek ini sangat penting untuk segera dibangunkan dari tidurnya. Karena apa, karena kesenian manorek ini ternyata salah satu kesenian yang unik di Jawa Barat dan masih diminati oleh masyarakatnya. Adanya persis di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu di Desa Purwasari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis,” katanya.

    Setelah direvitalisasi, kata Iwan, diharapkan kesenian tersebut kembali ditanggap oleh masyarakat, didukung oleh masyarakat dan pemerintah, khususnya di Kabupaten Ciamis lebih peduli dan menjadikan suatu kepentingan terhadap kesenian tersebut.

    “Mudah-mudahan disamping akan mendongkrak kehidupan ekonomi para senimannya, juga akan berkontribusi terhadap pembangunan mental masyarakat setempat,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus