Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BP Taman Budaya Segera Revitalisasi Seni Tari Wayang Cirebon

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12424.jpg

    BANDUNG-Selain melakukan revitalisasi terhadap Seni Manorek asal Kabupaten Ciamis, dalam tahun 2015 ini Balai Pengelolaan (BP) Taman Budaya  Provinsi Jawa Barat akan melakukan revitalisasi terhadap Seni Tari Wayang asal Kabupaten Cirebon.

    “Rencananya proses revitalisasi Tari Wayang asal Kabupaten Cirebon ini akan mulai dilaksanakan pada bulan Juli 2015 dan akan berakhir pada bulan September 2015,” kata Kepala Seksi Pengembangan BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Iwan Gunawan, S.Sn, MM di kantornya, Gedung BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Jalan Bukti Dago Selatan, Nomor 53A kepada jabarprov.go.id.

    Iwan menjelaskan, Seni Tari Wayang Cirebon adalah seni tari-tarian yang diangkat dari idiom koreografi dan musiknya diangkat dari seni wayang setempat. Seni Tari Wayang adalah kesenian dari Keraton Cirebon. Saat ini, kondisinya hampir punah karena para senimannya atau para pemainnya sudah tidak utuh lagi dan kondisi peralatan keseniannya sudah  rusak sehingga perlu segera untuk dilakukan revitalisasi.

    Seperti biasanya, katanya, pelaksanaan revitalisasi diawali dengan menggelar pertunjukan kesenian tersebut di lokasi asalnya, yaitu di Keraton Cirebon. Seni Tari Wayang tersebut dipertunjukkan atau dipertontonkan kepada publiknya. Kemudian dilakukan diskusi dengan maksud untuk kembali dibincangkan, lalu dicapai kesepakatan-kesepakatan dan mungkin ada beberapa saran atau pertimbangan dalam pelaksanaan revitalisasi terhadap seni tari wayang tersebut.

    Setelah diperkenalkan atau dipertontonkan kepada publiknya di lokasi asal Seni Tari Wayang tersebut, kemudian dipergelarkan di Teater Tertutup BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Jalan Bukit Dago Selatan Nomor 53A, Kota Bandung, untuk diperkenalkan kepada khalayak.

    “Setelah direvitalisasi nanti, kami berharap seni tari wayang Cirebon ini banyak yang nanggap di daerah asalnya. Embrio itu menjadi tumbuh dan terus berkembang, kemudian menjadi kental lagi dengan publiknya. Pemerintahan setempat juga diharapkan untuk lebih peduli lagi terhadap kesenian tersebut,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus