Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tari Topeng Randegan Terancam Punah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12451.jpg

    BANDUNG-Selain melakukan proses pewarisan terhadap Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun Desa Cigintung, Kecamatan Cigintung, Kabupaten Sumedang, Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jawa Barat juga, dalam tahun anggaran 2015 ini akan melakukan proses pewarisan terhadap Tari Topeng Randegan, Kabupaten Majalengka.

    “Saat ini kondisi Tari Topeng Randegan, salah satu seni tradisional Jawa Barat dari Kabupaten Majalengka, terancam punah. Kondisi tokohnya, yaitu seniman tarinya sudah sangat renta, sudah tidak kuat lagi untuk manggung. Tapi, kebetulan ilmu tari yang dipegangnya masih diingat, sehingga masih bisa untuk ditularkan kepada generasi penerusnya,” kata Kepala Seksi Pengembangan BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Iwan, di kantornya, Gedung BP Taman Budaya Provinsi Jawa Barat, Jalan Bukit Dago Selatan Nomor 53A, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id.

    Proses pewarisan terhadap Seni Tari Randegan akan dilakukan melalui upaya transformasi atau transfer ilmu pengetahuan atau wawasan dan keterampilan seni tersebut si tokoh kepada generasi penerusnya. Dimaksudkan agar tumbuh generasi baru dalam seni tersebut.  Sedangkan pola pewarisan bisa dilakukan dengan pola satu turunan, misalnya dari bapaknya kepada anaknya atau ke cucunya atau ke cicitnya dan seterusnya.

    “Tapi, apabila misalnya dari tokohnya tidak ada pada posisi keluarganya, dalam proses pewarisan tersebut, kita bisa mencari tetatangganya. Kalau tidak ada tetangganya yang berminat menekuni kesenian tersebut, kita mencari siapa saja yang berminat, walaupun posisi tempat tinggalnya dari daerah yang agak jauh,” katanya.

    Terkait dengan akan dilakukannya proses pewarisan terhadap Tari Randegan ini, kata Iwan, pihaknya sudah melakukan konfirmasi, dan sudah koordinasi dengan pemerintah setempat, juga dengan senimannya sudah bertemu.

    “Seluruh proses pewarisan Seni Tari Randegan, mulai dari proses pelatihan sampai dengan proses penyajian atau pertunjukannya difasilitasi oleh BP Taman Budaya. Dengan proses pewarisan ini, kami harapkan akan hadir kembali atau terlahir kembali generasi pelanjut dari Seni Tari Randegan ini,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus