Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dinas Sosial Provinsi Jabar Mantapkan Tagana

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12463.jpg

    CIMAHI- Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah rawan terhadap kejadian bencana seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, angin puting beliung, dan kebakaran. 

    Bahkan bencana tsunami dan erupsi gunung berapi. Dalam penanggulangan bencana, kemampuan pemerintah sangat terbatas, maka perlu didukung oleh masyarakat sebagaimana ditegaskan dalam undang-undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana Berbasiskan Masyarakat.

    Terkiat dengan hal tersebut, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan  PUSDIKBEKANG KODIKLAT TNI-AD Cimahi, telah melaksanakan Pemantapan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam menghadapi Penanganan Bencana dan Pengungsi, bertempat di Pusdikbekang Cimahi dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Arifin Harun Kertasaputra, perwakilan dari Kementrian Sosial RI  dan Danpusdikbekang. Pemantapan Tagana dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 19  s/d 21 April 2014 lalu.

    Dalam release yang diterima jabarprov.go.id, Selasa (26/5), Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,  Arifin Harun Kertasaputra, mengatakan, Taruna Siaga Bencana dalam melaksanakan peran dan fungsinya perlu secara berkesinambungan mendapat dukungan, bimbingan dan pembinaan dari dinas sosial sebagai intitusi pembinanya.

    Adapun materi kegiatan lebih dititikberatkan pada pemberian management dan peningkatan teknis penanganan pengungsi pada saat bencana melalui Diskusi, Ceramah dan Out Bond dalambentuksimulasi penanganan pengungsi korban bencana.

    Penyelengaraan pemantapan ini diharapkan dapat memberdayakan Tagana dalam penanggulangan bencana sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang lebih spesifik, serta agar angota Taruna Siaga Bencana Jawa Barat memiliki pengetahuan dan keterampilan tingkat mahir dalam penanggulangan bencana bidang Penanganan Pengungsi korban bencana.

    Selain itu,  anggota Taruna Siaga Bencana Jawa Barat memiliki pengalaman dan pemahaman dalam standar prosedur operasional penanggulangan bencana bidang Penanganan Pengungsi korban bencana sehingga terciptanya jaringan kerja sama antara pemerintah dan anggota Taruna Siaga Bencana Jawa Barat secara kondusip dalam penanggulangan bencana.

    Setelah mengikuti pemantapan tersebut, para peserta diharapkan memiliki peningkatan pengetahuan, pemahaman yang mendalam serta meningkatnya keterampilan mengenai managerial dan operasional penanganan pengungsi serta meningkatnya kesiapsiagaan untuk ditugaskan ke lokasi bencana dalam penanganan pengungsi korban bencana. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus