Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemasan Produk Dapat Meningkatkan Nilai Jual

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12483.jpg

    BANDUNG-Jabar banyak memiliki produk UMKM namun sebagian besar masih belum bisa dikemas dengan baik. Padahal kemasan produk yang baik dan menarik akan meningkatkan minat pembeli.

    "Kesadaran pelaku IKM untuk mengemas produknya lebih baik lagi juga masih rendah. Untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat mendorong pelaku IKM untuk mengemas produknya lebih baik lagi agar bisa bersaing jelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA," ujar Kepala Disindag Jabar Ferry Sofwan.

    Menurutnya, kemasan juga memberikan nilai higienitas pada produk tersebut hingga pembeli juga tidak ragu untuk membeli. Padahal untuk membuat kemasan tidak harus mahal terpenting produk terlindungi dengan baik. Jangan sampai produk dikemas asal-asalan tanpa memperhatikan faktor keamanan produk.

    Para pelaku IKM harus sudah peduli karena pada saat MEA diberlakukan akan banyak produk yang membanjiri tanah air termasuk di Jabar. Agar tak kalah saing, produk harus dikemas menarik sekaligus tercantum bahwa produk tetsebut lolos sertifikasi pengelolaan pangab industri rumah tangga yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan yang ada di setiap kabupaten/kota di Jabar. Selain itu didukunf juga dengan sertifikasi halal yang dikeluarkan LPPOM MUI.

    Saat ini, katanya, dari jenis kemasan yang digunakan didominasi oleh penggunaan kalengan gelas 39%, kotak karton gelombang 20%, plastik rigid atausemi rigid 14%, flexible pack atau laminating 15%, karton lipat 12%, dan kertas label 9%. Adapun kebutuhan penggunaan kemasan di dunia di kuasai oleh Benua Asia 32%, Eropa 30%, Australia 5%, dan Afrika 4%. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus