Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Pengolahan Ikan Kian Berkembang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12484.jpg

    BANDUNG-Industri pengolahan ikan di Jabar, seiring dengan kian bertambahnya jumlah produksi ikan terus berkembang.  Sampai akhir tahun 2014, jumlahnya sudah mencapai 7.000 unit industri lebih.

    Hal demikian, dipaparkan  Kadis Perikanan dan  Kelautan Jabar, Djafar Ismail dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Rabu (27/5) di sela-sela kegiatan safari makan ikan bertempat di Gedung Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro Bandung.

    Seiring dengan kian berkembangnya industri pengolahan ikan ungkap Djafar, Pemprov. Jabar terus melakukan  pembinaan diantaranya  menyusun Standar Kelayakan Mutu (SKP)  serta  sosialisasi kepada masyarakat perihal keamanan pangan.

    Adapun program yang disiapkan untuk masyarakat luas diantaranya sosialisasi Konsumsi ikan dengan tujuan agar masyarakat dapat terbiasa mengkonsumsi ikan. Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan  konsumsi ikan menjadi kebutuhan makanan di masyarakat.

    Kemudia, untuk Industri yang bergerak dipengolahan ikan yang saat ini didomininasi kelompok usaha kecil dan menengah juga disosialisasikan perihal keamanan pangan, jelas Djafar.

    Perkembangan industri  pengolahan ikan berdasarkan pemetaan daerah di Jabar, sambung Djafar untuk industri yang saat ini lebih banyak mempergunakan Ikan dari impor, telah berkembang di Bekasi dan Karawang serta  Bogor. Di daerah tersebut, hal yang memudahkannya karena daerah tersebut berdekatan dengan Pelabuhan yang berada di Ibukota Negara. Di daerah tersebut, ikan yang diproduksi pemasarannya juga kini sudah tembus ke Provinsi lain masing-masing DKI Jakarta dan Banten

    Mengenai jenis ikan olahan yang dihasilkan kini berbagai macam. Salah satu jenis ikan olahan yang diproduksi diantaranya Ikan Pindang, yang omzetnya kini mencapai  10 ton per hari.

    Sementara itu, untuk Jabar bagian selatan, yaitu daerah Pangandaran, daerah tersebut merupakan daerah  penghasil ikan. Kini daerah tersebut sudah menjadi industri pengolahan ikan, kendati untuk skalanya didominasi industri kecil dengan pangsa pasar lebih banyak berada di daerah pangandaran.

    Dengan perkembangan tersebut, ujar Djafar,  Pemprov. Jabar dalam rangka mendukung perkembangan industri pengolahan ikan juga memberikan fasiitasi berupa pengolahan dan pemasaran. (SN)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus