Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Target Konsumsi Ikan 2015, Sebanyak 27 Kg/Kapita

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12494.jpg

    BANDUNG-Dewan Penasihat DWP Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan proses pembangunan bertumpu pada sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Namun perlu diakui bahwa masih ada permasalahan yang terjadi di masyakat yang mengakibatkan masih  rendahnya konsumsi ikan.  

    “Menurut data pada tahun 2014, konsumsi Ikan di Jawa Barat sebanyak 24 kg per kapita/tahun sedangkan di tahun 2015 ini Jawa Barat akan menargetkan sebanyak 27 kg per kapita/tahun,” lanjut Netty saat menghadiri Safari GEMARIKAN dengan tema Safari Peningkatan Konsumsi Ikan Dalam Rangka Gerakan Perempuan Untuk Meningkatkan Konsumsi Ikan Demi Membangun Generasi Muda Yang Sehat Dan Cerdas di Bale Asri Pusdai Bandung, Rabu (27/5).

    Netty menyebutkan alasan ekonomi menjadi kendala. "Masyarakat beralasan lebih baik menjualnya daripada dikonsumsi, masih adanya masyarakat yang daya belinya rendah, rendahnya pengetahuan dan informasi serta minimnya keterampilan tentang konsumsi ikan," paparnya.

    Netty berharap pihak terkait dapat berpikir keras bagaimana caranya agar keterampilan ini mulai bergeser cara memasak dan mengolah makanan. Sehingga anggota keluarga tidak merasa bosan dengan sajian ikan. Dan yang terpenting yakinkan anak-anak dan masyarakat kita untuk menghilangkan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat.

    Direktur Pemasaran Depdagri Muh. Zain menuturkan kegiatan ini semata-mata sebagai upaya untuk  meningkatkan dan mengedukasi masyarakat untuk konsumsi ikan. Dengan memasyarakatkan konsumsi ikan maka berpengaruh pada sumber daya manusia  karena pemberian gizi haruslah dari dalam kandungan hingga masa pertumbuhan.

    Dalam sambutannya, Ketua DWP Provinsi Jawa Barat Erti Wawan Ridwan mengatakan  bahwa rangkaian pelaksanaan safari GEMARIKAN ini merupakan program kerjasama antara Dharma Wanita Persatuan dengan Dirjen P2HP Kementrian Kelautan dan Perikanan, hal ini membuktikan sebagai bukti nyata kemitraan antara DWP dengan Pemerintah.

    “Dukungan dan keikutsertaan DWP secara aktif dan luas untuk menyukseskan pembangunan Nasional yang sesuai Visi dan Restra DWO 2015 – 2019 yang telah dibahas dan disahkan dalam Munas DWP tanggal 9 – 11 Desember 2014 yang lalu,” tambahnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus