Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPMPD Jabar Dorong Posyantek Kerjasama dengan SMK

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12688.jpg

    BANDUNG- Saat ini di Jawa Barat masih terdapat Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) di kecamatan-kecamatan yang belum memiliki kantor dan bengkel sendiri sebagai pusat kegiatannya. Padahal keberadaan Posyantek sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dalam mengelola sumber daya local.

    “Idealnya yang namanya Posyantek itu ada kantornya, ada bengkelnya. Untuk mengelola sebuah bengkel oleh masyarakat kelihatannya memang masih berat. Pertama soal sumber daya manusianya. Kedua, soal alokasi waktu. Kalau masyarakat focus sehari-hari di Posyantek, mereka tidak memperoleh pendapatan. Makanya, kita dorong agar Posyantek bekerjasama dengan SMK-SMK,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, Ir. Bambang Sugianto, MM, usai Penutupan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jawa Barat di Cimahi Convention Hall, Kota Cimahi belum lama ini kepada jabarprov.go.id.

    Setelah adanya kerjasama, maka diharapkan nantinya, bengkel Posyantek berada di SMK. Demikian juga SDMnya dari SMK. Tetapi aspirasi kebutuhan teknologi tepat guna atau alat teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat disupley datanya dari Posyantek Kecamatan.

    Saat ini, menurut Ir. Bambang, secara administrative semua kecamatan di Jawa Barat memang telah memiliki Posyantek. Akan tetapi yang secara riil dalam arti pengurunya ada, kegiatannya secara kongkrit juga ada, baru 20 persen dari jumlah kecamatan. Oleh karena itu, BPMPD Provinsi Jawa Barat mendorng agar setiap kecamatan memilki Posyantek secara riil.

    “Peran pemerintah kabupaten/kota ke depan dalam mengembangkan Posyantek, harus lebih ditingkatkan lagi,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus