Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Prof Nina Usul Pemkot Cimahi Bangun Museum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12710.jpg

    CIMAHI-Guru Besar Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof. Dr. Nina H Lubis, MS, mengusulkan agar Pemerintah Kota Cimahi membangun museum kota seperti yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

    “Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah membuat museum kota, judulnya Diorama Purwakarta. Jadi, saya usul, Pemerintah Kota Cimahi juga membuat museum kota,” kata Profesor Nina saat menjadi nara sumber pada acara Sosialisasi Hasil Penelusuran Arsip Bernilai Guna Sejarah Periode Pembentukan Kota Cimahi yang digelar oleh Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik Kota Cimahi di Aula Gedung Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Kamis (116).

    Prof Nina mengusulkan lokasi museum Kota Cimahi tersebut, menempati Gedung The Historich, terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 19 Kota Cimahi. Bangunan tersebut merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Kota Cimahi yang dibangun pada tahun 1886 Masehi.

    “Bangunan tersebut bangunan cagar budaya. Jadi lebih cocok dan pas untuk dijadikan Gedung Museum,” katanya.

    Museum Kota tersebut, menurut Prof Nina, nantinya berisi tinggalan-tinggalan sejarah, tinggalan arkeologis, tulisan-tulisan dan dokumen tentang Cimahi.

    “Diharapkan isi museum tersebut akan menjadi sarana pembelajaran, terutama bagi generasi muda untuk tahu tentang sejarah kotanya,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus