Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perum Perhutani Jabar Banten Klaim Aksi Penjarahan Hutan Turun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12870.jpg

    BANDUNG-Perum Perhutani Jabar dan Banten mengatakan saat ini aksi penjarahan hutan di wilayah Jabar dan Banten mengalami penurunan.

    Penurunan terjadi baik dari sisi penjarahan maupun nilai material kerugian akibat aksi penjarahan tersebut.

    Hal demikian, dikatakan Kasi Humas Perum Perhutani Jabar dan Banten, Ade Sugiarto dalam keterangannya kepada wartawan di Kantor Perum Perhutani Jabar dan Banten, Selasa (23/6).

    Menurut Ade, Untuk aksi penjarahan hutan, ungkap Ade penurunan sudah terjadi dari tahun 2013. Penurunan aksi penjarahan mencapai  38 persen.

    Penurunan aksi penjarahan hutan di tahun berikutnya terus terjadi. Sehingga dengan penurunan aksi penjarahan hutan,  juga  Kerugian material akibat penjarahan hutan juga mengalami penurunan.

    Pihak Perum Perhutani Jabar dan Banten sudah mengevaluasi trend kerugian material akibat penjarahan hutan.

    Di tahun 2013 kerugian material akibat penjarahan hutan mencapai Rp. 5 miliar. Dengan terus menurunnya aksi penjarahan hutan di tahun 2014 kerugian material akibat aksi penjarahan hutan menurun dibanding tahun 2013. Kerugian tersebut  menjadi Rp. 2,1 miliar.

    Pihak Perum Perhutani juga mengevalusi, aksi penjarahan hutan dari sisi wilayah, terbanyak terjadi di Tasikmalaya.

    Dalam rangka mengantisipasi aksi penjarahan hutan, salah satu Solusi yang sudah direalisasikan yaitu Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).

    Pelibatan masyarakat dalam PHBM , ujar Ade diantaranya diimplementasikan dalam program menjaga keamanan hutan dan dalam penanaman hutan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus