Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    320 Mahasiswa UPI KKN Di Kabupaten Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13031.jpg

    Sedikitnya ada 320 mahasiswa UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung akan melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik di wilayah Kabupaten Bandung. Mereka akan tersebar di 30 desa di lima kecamatan antara lain Kecamatan Margaasih, Cangkuang, Kutawaringin, Cicalengka dan Kecamatan Pameungpeuk.

    Rombongan mahasiswa dibawah pimpinan Drs.Ono Wiharna, M.Pd ini secara resmi diterima langsung oleh Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, M.Ip di Gedung Mochamad Toha Soreang, Rabu (01/07). Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bandung, Marlan, S.Ip dan sejumlah unsur perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.

    Menurut Ono Wiharna, para mahasiswa ini akan melaksanakan KKN di Kabupaten Bandung selama 40 hari lamanya, mulai tanggal 1 Juli hingga 26 Agustus mendatang. “Namun pada saat lebaran nanti, kita kasih kesempatan kepada mereka untuk bisa merayakaan dengan keluarganya masing-masing. Atas nama UPI, Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Bandung yang telah berkenan dan mengizinkan kami untuk melakukan kegiatan di sini”, ucap Ono Wiharna.

    Secara spesifik, menurut Ono program yang diarahkan dalam KKN Tematik ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat yang relevan dengan pembangunan daerah. Program untuk membangun daerah melalui pos pemberdayaan keluarga yang tertumpu pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pembinaan moral.

    “Mereka akan mengaplikasikan program pemberdayaan keluarga dan kearifan budaya lokal untuk membentuk pos pemberdayaan keluarga di tiap RW, diantaranya melalui penguatan PKK, Posyandu dan karang taruna”, ucapnya.

    Sementara, Bupati Dadang Naser mengakui kedatangan mahasiswa UPI di Kabupaten Bandung membawa manfaat banyak untuk warga Kabupaten Bandung. “Kebanggaan tersendiri untuk kita, karena Kabupaten Bandung dijadikan lokasi KKN. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif baik bagi mahasiswa, maupun pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bandung”, ujar Dadang Naser.

    Dadang Naser berharap, KKN tidak sebatas memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, melainkan pula mampu menghasilkan sarjana yang pfofesional dan mandiri. “Sarjana lulusan UPI bisa mendalami kearifan nilai-nilai budaya dan berahlak mulia sehingga bisa memberikan solusi ilmiah dalam setiap permasalahan kelak di kemudian hari”, katanya.

    Merujuk pada visi yang di usung Pemkab Bandung, Ia pun menaruh harapan kegiatan KKN ini bisa mendukung program Sabilulungan Raksa Desa, yang memprioritaskan kemajuan pembangunan di pedesaan. “Terutama dalam masalah rumah, air, kakus, sampah serta lingkungan alam”, pungkasnya pula.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus