Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sertifikasi Halal Perkuat Posisi di MEA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13037.jpg

    BANDUNG - Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung Aldrin Herwany menyatakan sertifikasi produk halal merupakan salah satu kebutuhan memasuki MEA 2015 untuk dapat masuk ke pasar ASEAN.

    "Sertifikasi produk halal merupakan salah satu perangkat daya saing produk di ASEAN, karena di beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura, produk berlabel halal lebih banyak diminati, dan penempatan produknya juga khusus," katanya.

    Menurut Aldrin, produk halal merupakan salah satu andalan dari Indonesia memasuki MEA 2015. Selain menjadi pasar terbesar juga memiliki sejumlah produk yang bisa diandalkan di pasar regional.

    "Beberapa perusahaan yang telah memiliki sertifikasi halal terbukti bisa meningkatkan ritelnya, konsumenya mendapat jaminan. Dari sisi harga juga bisa lebih berdaya saing tinggi," katanya.

    Ia mencontohkan beberapa produk makanan siap saji, restoran dan jasa perawatan rumah sakit yang memiliki sertifikasi halal mendapatkan nilai tambah yang cukup signifikan.

    "Kendalanya saat ini pelaku usaha UMKM saat ini menganggap biaya pengurusan sertifikasi itu masih menjadi beban, padahal itu merupakan investasi bagi mereka untuk bisa lebih berdaya saing," kata Aldrin. jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus