Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BUMD Jabar Siap Garap Sumur Minyak

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13099.jpg

    BANDUNG - Potensi migas di Blok Laut Jawa Jabar atau Blok Offshore North West Java (ONWJ) masih besar, namun Jabar belum terlibat secara langsung dalam penggarapan blok tersebut. Sehingga direncanakan  BUMD yang bergerak dalam bidang migas, yaitu PT Minyak Bumi dan Gas (Migas) Hulu Jabar akan ikut ambil bagian.

    "Pada 2017, kami berencana untuk turut ambil bagian dan memperoleh Participating Interest (PI) atau hak dan kewajiban kontraktor migas di Blok ONWJ. Rencana itu bertepatan dengan usainya kontrak pengelolaan ONWJ saat ini," ujar Direktur PT Migas Hulu Jabar, Begin Troys, dalam Focus Group Discussion (FGC) Konsolidasi BUMD Jabar untuk PI ONJW di Hotel Aston Pasteur, Jalan Dr Djundjunan Bandung, belum lama ini.

    Begin  mengemukakan, pihaknya punya kesempatan memperolah PI ONWJ yang cukup terbuka. Dasarnya, jelas dia, pada 2017, pemerintah menambah kepemilikan saham di blok tersebut menjadi 73 persen. Sejauh ini, kata dia, pemerintah memiliki 58 persen saham di blok Laut Jawa Jabar tersebut yang di kelola PT Pertamina.

    Ia menambahkan , Pemprov Jabar meminta jajarannya supaya segera mengajukan alokasi anggaran guna merealisasikan rencana tersebut sehingga pemprov dapat memasukkannya dalam pembahasan APBD Jabar Tahun Anggaran 2016.

    "Untuk memperoleh hak PI di Blok ONWJ, membutuhkan dana yang tidak sedikit.Setidaknya hampir Rp 1 triliun atau 70 juta dollar Amerika Serikat (AS).Tapi, manfaat Blok itu juga besar karena punya potensi besar. Kami punya. Blok ONWJ mampu menghasilkan minyak sekitar 40 ribu barel per hari dan gas 176 juta kubik kaki feet per hari. Apabila kami turut ambil bagian di Blok tersebut, manfaatnya sangat besar," papar Begin. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus