Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jelang Lebaran, Ketersediaan Pangan Sangat Aman

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13105.jpg

    BANDUNGKAB-Menghadapi Hari Idul Fitri 1436 H/2015 M, ketersediaan pangan di Kabupaten Bandung seperti beras, sayuran, daging sapi, daging ayam, telur dan ikan masih sangat aman.

    Untuk memastikan ketersediaan tersebut, Pemkab Bandung terus melakukan pemantauan distribusi, pasokan, harga dan keamanan pangan disejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan.

    Pemantauan terhadap ketersediaan pangan dilakukan pula seluruh camat di wilayah Kabupaten Bandung, khususnya ketersediaan LPG 3 kg dan 12 kg. Kegiatan pemantauan dan pengawasan penyaluran diarahkan ke sejumlah pangkalan dan agen LPG yang ada di wilayahnya masing-masing.

    Dalam rapat koordinasi pengamanan ketersediaan pangan dan pengamanan lalu lintas menghadapi hari raya Idul Fitri 2015 di Gedung M. Toha-Soreang, Selasa (7/7) terungkap pula adanya sedikit kenaikan harga komoditi sayuran seperti kentang, tomat, cabe keriting dan bawang merah. Kenaikan harga tersebut dipicu dengan melonjaknya tingkat permintaan konsumen selam bulan Ramadhan.

    Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., M.IP yang memimpin langsung jalannya rapat koordinasi tersebut, meminta kepada masing-masing SKPD terkait untuk terus melanjutkan pemantauan ketersediaan pangan termasuk pula pengawasan terhadap barang dan parcel lebaran yang beredar di supermarket dan minimarket.

     “Pengawasan ini mulai masa kadaluarsa barang, halal atau tidaknya barang tersebut dan pengawasan terhadap barang yang dilarang beredar,” kata H. Dadang M. Naser pula.

    Ketersediaan beras menghadapi Idul Fitri tahun ini menurut Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Marlan, S.IP, M.Si masih cukup aman. Bahkan menurutnya bisa mencukupi untuk 2,5 bulan kedepan, karena masih ada panen dari penanaman bulan Maret dan April 2015 seluas 15.928 Ha.

    Sedangkan kebutuhan daging sapi selama bulan Ramadhan dan menghadapi Lebaran 2015, menurutnya mencapai 318,6 ton. Sementara ketersediaan daging sapi hingga saat ini sebesar 6.372 ton. Ia memperkirakan stok akhir bisa mencapai 5.744 ton setelah dikurangi kebutuhan dan pengiriman ke daerah lain. Demikian pula dengan stok daging ayam telah tersedia 1.921 ton, sedangkan perkiraan kebutuhan mencapai 915 ton. “Sama halnya dengan komoditi telur dan ikan sangat tersedia, untuk telur kita memiliki 2.019 ton dan ikan sebanyak 2.651.475 kilogram,” kata Marlan.

    Untuk lebih memastikan situasi harga dan ketersediaan pangan, Bupati H. Dadang M. Naser dijadwalkan akan melakukan pemantauan di Pasar Banjaran, Ciwidey, Sayati dan Pasar Majalaya. Pemantauan tersebut rencananya akan berlangsung Kamis mendatang (9/7).

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus