Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Komisi A Berkomitmen Mempercepat Proses Pemekaran Garut Selatan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Poto-komisi-A.jpg

    BANDUNG- Ketua Komisi A DPRD Jawa Barat, H. Ricky Kurniawan, LC, menegaskan, Komisi A DPRD Jabar  berkomitmen mempercepat proses pemekaran wilayah Garut Selatan menjadi kabupaten. Penegasan tersebut disampaikan saat Komisi A DPRD Jabar menerima Presidium Masyarakat Garut Selatan dan Forum Jabar Selatan, di Ruang BAMUS DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jum’at (7/1).

    “Tentunya komitmen kami tersebut, perlu dukungan moril dari seluruh elemen masyarakat Garut Selatan. Kami juga butuh input-input, butuh pengawasan dan pengawalan dari bapak-bapak tokoh dan masyarakat Garut Selatan,” kata politisi dari Fraksi Partai Gerindra itu.

    Menurut Ricky, ada beberapa catatan terkait pemekaran Garut Selatan tersebut. Pertama, katanya, inventarisasi aset-aset dilakukan dengan sebaik-baiknya, agar nantinya tidak berindikasi pada hal-hal yang tidak kita inginkan. Kedua, usulan untuk dorongan besaran dana hibah lebih dari daerah lain dengan kajian atau pendekatan-pendekatan geografis, luas wilayah menjadi concern Komisi A. Komisi A tidak bisa secara gamblang menjanjikan, tetapi akan memperjuangkan, kita akan cari solusinya.

    Terkait dengan PP 78/2007 tentang Pembentukan dan Pengembangan Daerah Otonomi Baru, Komisi A DPRD Jabar meminta Presidium Masyarakat Garut Selatan dan Forum Jabar Selatan melengkapi lampiran data-data desa dengan lengkap demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian juga mengenai Tata Ruang Wilayah, pendekatan kewilayahan, pertanian dan pertambangan. Jangan sampai nantinya terlalu mengeksploitasi pertambangan, karena jatuhnya hanya kepada retribusi dan perizinan saja.

    Terkait dengan pemekaran Garut Selatan tersebut, jelas Ricky, dalam waktu dekat ini Komisi A DPRD Jabar akan segera melakukan kunjungan kerja ke Pemerintahan Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk dan ke lokasi calon ibukota Garut Selatan, yakni ke Kecamatan Mekarsari.

    “Insya Allah kalau tidak hari Kamis, hari Jum’at minggu depan,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Presidium Masyarakat Garut Selatan yang juga Sekjen Forum Jabar Selatan, DR.H.Gunawan Undang, Drs,Msi, juga menegaskan, proses pemekaran Garut Selatan menjadi kabupaten memang harus dipercepat. Paling tidak, awal Februari 2011, DPRD Jabar sudah dapat menyampaikan rekomendasi tentang pemekaran Garut Selatan tersebut ke pemerintah pusat dan DPR RI.

    “Kami sudah menyiapkan lahan seluas 228 hektar di Kecamatan Mekar Mukti untuk pusat pemerintahan Garut Selatan,” katanya.

    “Ikan sepat, ikan gabus, lebih cepat lebih bagus. Mumpung kami masih hidup, kami juga ingin menikmati Garut Selatan menjadi kabupaten,” kata Abah, salah seorang tokoh masyarakat Garut Selatan berusia 75 tahun yang ikut dalam penyampaian aspirasi tersebut. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus