Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rencana Pembangunan Jalan Tol Citas Realistis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13335.jpg

    BANDUNG-Rencana Pemprov. Jabar yang akan membangun Jalan Tol Cileunyi Tasikmalaya (Citas) dinilai merupakan rencana realistis dari berbagai perspektif. Hal demikian, diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Jabar, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (28/7).

    Menurut Yod, rencana pembangunan jalan tol Citas dari sisi keberlangsungan pembangunan infrastruktur dinilai realstis karena  jaringan infrastruktur menjadi urat nadi untuk mendongkrak pembangunan  di daerah.

    Dari sisi tahapan pembangunan prosesnya sudah berjalan, Untuk Feasibility Studi (FS)  selesai. Selanjutnya, di tahun 2 tahapan DED sedang  disusun. Jika tahapan tersebut sudah selesai, diharapkan pada tahun 2016 bisa dilaksanakan tahapan pembebasan lahan.

    Yod menambahkan, untuk sumber pendanaan bisa difasilitasi dari  APBD  dan APBN serta pihak ketiga yaitu investor. Dana yang bersumber dari pemerintah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur. Opsi pendanaan, juga diantaranya bisa dengan jalan menggerakkan BUMD yaitu PT Jasa Sarana.

    Rencana pembangunan Jalan Tol Citas, sambung Yod, dari sisi kepentingan kemasyarakatan merupakan solusi. Selama ini, problem yang dihadapi  setiap tahun terjadi kepadatan lalu lintas di wilayah Jabar bagian selatan terutama ketika musim mudik Lebaran. Jika tidak ada penambahan infrastruktur baru kondisi serupa akan terulang lagi. Alternatif paling tepat untuk menyelesaikan kepadatan lalu lintas di
    Jabar bagian selatan adalah jalan tol.

    Namun, tantangan dana yang dibutuhkan cukup besar. Untuk pembangunan jalan tol Citas kebutuhan dana mencapai Rp. 12,5 trilun. 
    Anggaran infrastruktur,  tidak murah   karena pembangunan jalan tol merupakan investasi jangka panjang.

    Perkembangan terkini, rencana pembangunan Jalan Tol Citas didukung oleh Kota/Kabupaten dan masyarakat yang akan dilalui oleh Jalan Tol Citas. Dukungan tersebut, sudah dituangkan dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati/Walikota masing-masing Bupati dan Walikota Tasikmalaya, Bupati Garut, Bupati Ciamis serta Bupati Pangandaran.

    Dengan adanya kesepakatan tersebut, Pemkab/Pemkot setempat bersama masyarakatnya, akan mendukung pelaksanaan pembangunan jalan tol Citas. Dukungan tersebut, ujar Yod, diantaranya akan diberikan untuk tuntasnya  pembebasan lahan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus