Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemanfaatan Hasil Litbang Dongkrak Nilai Tambah Produk

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13359.jpg

    CIMAHI-Dengan hasil penelitian dan pengembangan teknologi, petani di Jepang dapat mengembangkan buah semangka, yang biasanya berbentuk bulat menjadi bentuk kotak, bentuk love dan bentuk-bentuk lainnya sehingga mendongkrak nilai jual dan nilai manfaat dari buah semangka tersebut.

    “Semangka yang bentuknya kotak dijual dengan harga 1000 yen. Kalau 1 yennya Rp 1000, berarti harga semangga tersebut satu buahnya Rp 1 juta. Demikian juga yang bentuk love, harganya tinggi, dan diburu oleh para konsumen untuk keperluan hari valentine,” kata Dr. Bambang  S Pujantiyo, Peneliti Madya Bidang Manajemen Teknologi dan Inovasi BPPT di hadapan 150 pengusaha dan calon pengusaha, peserta Cimahi Technopreneur Camp di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi, Rabu (29/7).

    Derry Pantjadarma, Direktur Pusat Kebijakan Inovasi Teknologi BPPT kepada jabarprov.go.id mengatakan, Kota Cimahi memiliki potensi produk yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan teknologi. Misalnya di Cimahi banyak singkong, nah bagaimana singkong ini dibuat tidak hanya jadi keripik saja, tapi juga menjadi produk-produk yang bernilai tambah tinggi, misalnya menjadi ethanol atau misalnya bahan baku untuk kertas atau produk-produk lainnya dari singkong yang bernilai tambah tinggi.

    Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi BPPT, jelas Derry, sejak tahun 2011 bermitra dengan Pemerintah Kota Cimahi dalam mengembangkan system inovasi daerah. BPPT dengan Pemerintah Kota Cimahi bersama-sama, berkolaborasi mengembangkan unggulan Cimahi, antara lain industry pangan olahan, animasi atau digital kreatif serta akan dikembangkan pula industry tekstil dan garmen dengan format klaster industry.

    Derry Pantjadarma menambahkan, untuk proses-proses penciptaan nilai tambah suatu produk, seorang wirausahawan dapat memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang ada di BPPT dan juga tempat-tempat lain seperti LIPI dan Perguruan Tinggi. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus