Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RHK, Ini Dia Penciptanya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13414.jpg

    BANDUNG – Jika Anda berkendaraan terutama di perempatan lampu merah, Anda akan menjumpai median yang belum terlalu lama ada. 

    Namanya RHK atau Ruang Henti Khusus motor atau roda dua. Di Setiap perempatan lampu merah, RHK akan diberi marka warna merah dan bertuliskan RHK di tengahnya, untuk memberi ruang khusus untuk roda dua agar tidak meluber ke ruas jalan untuk belok kiri.

    “RHK itu adalah hasil dari tesis Saya waktu menyelesaikan S2 di ITB. Mulai diterapkan tahun 2007 di Bandung, tepatnya di perempata atau stopan Soekarno-Hatta Buahbatu” ujar Muhammad Idris,  yang ditemuai di kantornya Puslibtang Jalan dan Jembatan Kementerian PU di Jl. A.H. Nasution Ujungberung Bandung, Senin (3/8).

    Menurut Idris, RHK berhasil mereduksi potensi konflik antar penengendara dan potensi kecelakaan hingga lebih dari 80%.

    “Sebelum ada RHK, motor tidak memiliki ruang di perempatan, akhirnya mereka mengambil tempat di sela-sela kendaraan atau di ruas jalan belok kiri. Kondisi itu bisa memicu konflik antar pengendara dan juga berpotensi terjadinya kecelakaan. Dengan RHK, potensi itu bisa direduksi” tegasnya.

    Muhammad Idris sang pencipta RHK, kini menjabat sebagai Ketua Program KPP Teknologi Keselamatan Jalan, Puslitbang Jalan dan Jembatan Kementerian PU. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus