Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Manufaktur Jabar Tumbuh di Triwulan II Tahun 2015

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13462.jpg

    BANDUNG-Industri manufaktur di Jawa Barat (Jabar) mengalami pertumbuhan pada triwulan II-2015 dibanding triwulan I-2015. Industri manufaktur besar dan sedang tumbuh sebesar 1,33%, sedangkan pada industri mikro kecil tumbuh 4,40%

    Kepala Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Ruslan menyebutkan, secara tahun ke tahun (yoy) industri besar dan sedang mengalami kenaikan 2,01% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara pada industri mikro kecil tumbuh 1,61% (yoy).

    Jenis industri pada industri besar dan sedang yang mengalami kenaikan tertinggi adalah industri pengolahan tembakau sebesar 2,50%. Pada jenis industri mikro dan kecil yang mengalami kenaikan tertinggi adalah industri pengolahan lainnya yang mencapai 11,53%.

    Penurunan terjadi pada industri komputer, barang elektronik dan optik dengan angka yang mencapai 108,65%. Disusul industri peralatan listrik yang turun 99,99% dan industri kertas dan barang dari kertas yang turun sebesar 92%.

    Secara nasional, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan II tahun 2015 naik sebesar 5,44% (yoy) terhadap triwulan II tahun 2014. Kenaikan tersebut terutama disebabkan naiknya produksi industri barang logam, bukan mesin dan peralatannya, naik 16,43%, industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, naik 13,13% dan jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan, naik 9,43%.

    Jenis-jenis industri yang mengalami penurunan produksi adalah industri pakaian jadi, turun 12,77%, industri alat angkutan lainnya, turun 6,52%, dan industri kertas dan barang dari kertas, turun 5,63%. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus