Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenaikan Nilai Dollar Tidak Mempengaruhi Industri Buku

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13692.jpg

    BANDUNG-Kondisi trend melemahnya nilai  tukar rupiah terhadap dollar, yang kini sudah memasuki nilai tukar Rp.14.000,-, untuk industri yang bergerak di percetakan buku belum memberikan dampak negatif berupa turunnya pembelian buku.

    Hal demikian, diungkapkan penerbit Buku Sastra Bandung, Matdon dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Sabtu (22/8).

    Matdon, lebih lanjut memaparkan kendati nilai tukar rupiah terhadap dollar kian melemah, hingga saat ini belum menurunkan pembelian buku.

    Penyebabnya, konsumen buku setiap tahun jumlahnya sama. Konsumen buku rata-rata membeli buku didasarkan faktor hobby membaca dan menulis sehingga mereka mengabaikan  harga mahal jika mereka membutuhkan untuk kepentingan menulis atau membaca.

    Kenaikan nilai tukar dollar atas rupiah diprediksi akan Berimbas pada naiknya harga buku. Hal tersebut, bisa diantisipasi dengan mengurangi kualitas kertas, misalnya berat kertas dikurangi dari 80 gram menjadi 70 gram.

    Matdon, dalam bagian lain keterangannya mengatakan perhitungan buku yang laku terjual dihitung dalam kurun waktu triwulan. Untuk jenis buku sastra, yang laris terjual mencapai 30 persen dari jumlah buku yang ada. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus