Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemilihan Duta Bahasa Pelajar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13751.jpg

    BANDUNG-Tujuh puluh tahun Indonesia merdeka dan bahasa sebagai jati diri bangsa telah berhasil menyatukan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa juga telah menjadi kekuatan terbesar setelah kemerdekaan dalam menyatukan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu identitas bangsa, bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan di Indonesia dan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Sebagai masyarakat Indonesia, kita wajib untuk melestarikan jati diri bangsa, yaitu bahasa Indonesia, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal ini disebabkan karena adanya ancaman pergeseran penggunaan bahasa Indonesia oleh bahasa asing. Oleh karena itu, dalam releasenya yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (26/8), Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat kembali menyelenggarakan “Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2015” dalam rangka mempersiapkan para pelajar untuk menghadapi persaingan, khususnya di dunia internasional.

    Kegiatan ini juga diselenggarakan agar para pelajar mulai peduli untuk mencintai dan melestarikan bahasa Indonesia serta bahasa daerah di Jawa Barat. Para pelajar diharapkan menjadi agen perubahan demi keberlangsungan bahasa nasional tanpa melupakan bahasa daerah dan bahasa asing. Sebagai harapan dan masa depan bangsa, pelajar Indonesia haruslah mawas diri terhadap jati diri bangsa, karena ketahanan bangsa ditentukan pula oleh ketahanan jati diri kita, bahasa Indonesia.

    Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat telah lima kali menyelenggarakan “Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat” sejak 2011. Pemilihan diselenggarakan untuk menciptakan generasi muda yang cinta kebahasaan sebagai jati diri mereka dan ingin melestarikanya sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Duta Bahasa Pelajar akan menjadi agen perubahan dan ikon pelajar yang ingin melestarikan bahasa. Duta Bahasa Pelajar diharapkan akan memengaruhi lingkungan sekitarnya agar mulai menggunakan bahasa secara tepat dan mulai melestarikannya.

    Adapun kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada: Pendaftaran Daring(Online), waktu : 22 Juni—27 Agustus 2015; Babak Penyisihan 100 Besar    , Waktu : 3 September 2015, Tempat : Hotel Santika     Jalan Sumatera Nomor 52—54 Bandung, Jawa Barat. Karantina, Waktu : 7--8 September 2015, Tempat : Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus