Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Walikota Prihatin Nilai Rupiah Menurun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13760.jpg

    BANDUNG- Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika terus mengalami penurunan hingga mencapai lebih dari Rp14.000 per dolar. Kondisi ini membuat sebagian besar harga-harga kebutuhan bakan pokok masyarakat mengalami kenaikan yang cukup besar sehingga daya beli masyarakat menurun.

    Terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang lain, membuat sejumlah pemangku kebijakan tidak terkecuali Walikota Bandung merasa prihatin.

    “Saya prihatin dengan kondisi terus melemahnya nilai tukar rupiah. Terus terang kita pernah mengalami masa-masa rupiah naik kata Emil,” ucapnya.

    Walikota mengatakan, untuk menyiasati permasalahan tersebut dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Bandung  untuk  bisa membeli barang lokal yang bagus dan bersaing dengan barang impor.

    “Kalau rupiah melemah daya beli menurun, jadi bagi warga Bandung untuk  bisa membeli barang lokal yang bersaing dengan barang impor,” ucapnya.

    Menurut Walikota, dengan menggunakan produk dalam negeri dipastikan tidak akan banyak terpengaruh jika terjadi menurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

    “Mudah-mudahan dengan keberpihakan penggunaan dan produksi barang dalam negeri tidak lagi terombang ambing oleh harga dolar,” katanya.

    Walikota juga menghimbau kepada pemerintah pusat agar fundamental ekonomi Indonesia segera diperbaiki dan investasi segera diperbanyak. 

    “Kalau tidak ada halangan bulan September mendatang di Bandung secara ceremony akanl datang investasi sebesar Rp 1 triliun dari Amerika untuk menunjukan Bandung sangat proaktif meski rupiah melemah,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus