Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Miliki Sapi Khas Pasundan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13808.jpg

    BANDUNG (30/8) – Jawa Barat sebenarnya memiliki sapi jenis khusus yang disebut Sapi Pasundan. Menurut Kepala Dinas Peternakan Jabar Ir. Dody Firman Nugraha, sapi Pasundan itu berasal dari banteng Sancang yang berhasil dibudidayakan oleh warga setempat dulunya.

    “Sebenarnya kita punya sapi khas Pasundan, yang nenek moyangnya dulu berasal dari banteng yang hidup di leuweung Sancang Garut dan Rancah Ciamis. Dulunya banteng liar itu berhasil dibudidayakan oleh penduduk sekitar dan turunnya sekarang yang disebut sapi Pasundan” ujar Dody.

    Bentuk fisik sapi Pasundan itu tidak jauh berbeda dengan sapi Jawa atau sapi Bali yang kita kenal sekarang, namun ada ciri khas dari warna bulu di bagian perutnya.

    “Tidak jauh beda dengan sapi Bali atau sapi Jawa yang berwarna coklat atau kemerahan, tetapi sapi Pasundan memiliki ciri khas dengan warna bulu putih di bagian perutnya” kata Dody.

    Menurut Dody, sapi Pasundan itu saat ini sedang dikembang biakan dengan metode khusus di balai penetlitan milik Dinas Peternakan Jabar, untuk mendapatkan bibit turunan yang lebih baik. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus