Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perlu Dibentuk Badan Khusus untuk Kelola Jatigede

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13836.jpg

    BANDUNG - Agar Waduk Jatigede dapat berfungsi optimal, maka diperlukan sebuah badan otorita khusus yang mengelolanya.

    “Waduk Jatigede bukan sekedar bangunan bendungan, tapi memilki banyak fungsi strategis lainnya.  Mulai dari tambahan sumber pasokan energi listrik, tujuan wisata, pertanian, perikanan, sampai kepada pengembangan kawasan industri yang baru,” ujar Ketua Umum Kadin Jabar, Agung Suryamal Sutisno.

    Menurut Agung supaya fungsi waduk Jatigede bisa lebih optimal, diperlukan sebuah badan otorita atau lembaga apapun yang secara khusus menangani Jatigede. Badan otorita atau lembaga tersebut harus membuat semacam roadmap untuk pemanfaatan jatigede, agar nantinya pemanfaatan Jatigede bisa memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian.

    Dicontohkan untuk pengembangan pariwisata saja, diperlukan perencanaan yang relatif kompleks. Mulai dari penentuan tempat mana saja yang boleh  dikembangkan menjadi tempat wisata, arsitek bangunan yang dipersyaratkan, akses jalan, sampai dengan fasilitas wisata apa yang diperbolehkan dibangun.

    “Intinya, badan otorita atau lembaga apapun yang dibentuk, akan membuat pemanfaatan Jatigede menjadi lebih terencana dan terintegrasi."

    Agung menyatakan kesiapan pengusaha anggota-anggota kadin untuk turut mendukung pengembangan ekonomi terkait Jatigede. Baik dari sisi kewirausahaan, sebagai investor, ataupun membantu mencarikan investor untuk Jatigede. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus