Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Waduk Terbesar Ke-2 Di Indonesia Mulai Digenangi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13838.jpg

    KAB. SUMEDANG – Pembangunan Waduk Jatigede, Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, sudah memasuki tahap akhir. Pada Senin (31/08), penutupan terowongan pengelak tanda dimulainya pengisian awal (initial impounding) Waduk Jatigede telah dilaksanakan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mendampingi langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia M. Basoeki Hadimoeljono. 

    Dalam sambutannya, Aher menyinggung bahwa Waduk Jatigede, yang proyeknya sudah berjalan sejak tahun 1963 ini, merupakan waduk terbesar ke-2 setelah Waduk Jatiluhur yang juga berlokasi di Provinsi Jawa Barat.

    Aher mengungkapkan, dengan mulai digenanginya Jatigede, bukan berarti proyek telah selesai, namun masih membutuhkan proses sehingga mampu memfasilitasi dan mengkoordinasikan secara komprehensif, serta menjadi Liaison Officer untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan dampak sosial dan lingkungan dari pembangunan.

    Aher juga menuturkan, bagi warga Kabupaten Sumedang yang tidak menerima nilai guna Jatigede, akan dibangunkan Bendung Rengrang dan Bendung Beureum Beungeut beserta saluran irigasinya. Selain itu, warga sekitar Jatigede dapat memanfaatkan waduk sebagai potensi wisata dan penangkapan ikan.

    “Orang Sumedang protes, waduknya (Jatigede) di sumedang, tapi manfaatnya di hilir. Penyelesaiannya adalah untuk warga Sumedang dibangun Bendung Rengrang dan Bendung Beureum Beungeut," pungkas Aher.

    “Kita sepakat nanti tidak akan ada tambak ikan, tapi ikan akan ditanam sebanyak-banyaknya untuk masyarakat kita. Silakan pada waktunya nanti mancing boleh, nyebur juga boleh, tapi tanpa kerambah," lanjutnya.

    Senada dengan Aher, Menteri PU-PR Basoeki Hadimoeljono pun mengungkapkan bahwa proses penggenangan ini merupakan awal bagi seluruh pihak terkait, untuk mengelola sumber daya air di sungai Cimanuk. Menurutnya, manfaat waduk Jatigede ini akan sangat besar dan berdampak luas, sehingga layak untuk dijuluki “Tembong Agung”.

    “Baru satu ini, kalau kita lihat, lahirnya waduk Jatigede akan mengairi tidak hanya di Sumedang, tapi sampai di Indramayu, Tembong Agung," ungkap Basoeki dalam sambutannya.

    “Untuk itu, pada saat peresmian pengoperasian saya akan mengusulkan pada Presiden, atas usulan warga Sumedang dan alim ulama, menggantinya menjadi Waduk Tembong Agung," sambungnya.

    Turut hadir pada acara Pimpinan Komisi V DPR RI, Konselor Ekonomi Kedutaan Besar RRC, Kepala BPKP, Dirjen Sumber Daya Air, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Bupati Sumedang, serta Perwakilan dari Bupati Majalengka, Bupati Cirebon dan Bupati Indramayu.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus