Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelemahan Rupiah Tak Pengaruhi UMKM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13857.jpg

    BANDUNG-Melemahnya nilai tukar upiah terhadap mata uang dollar Amerika hingga saat ini terus terjadi, bahkan hingga mencapai level Rp14.106 untuk satu dolarnya. Akibat kondisi ini, tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor tekstil, elektronik, makanan minuman maupun barang dan jasa sangat terpengaruh.

    Namun menurut  Kepala Dinas Koperasi dan KUMKM Jabar, Anton Gustoni, kondisi melemahnya nilai tukar rupiah belum berpengaruh terhadap sektor UMKM, terbukti dari tidak adanya laporan adanya UMKM yang harus gulung tikar akibat kondisi ini.

    “Pengaruh terhadap dolar, keluhan dari UMKM sampai saat ini secara tertulis belum ada laporan termasuk adanya UMKM yang gulung tikar,” ujarnya.

    Anton mengatakan, tidak adanya UMKM yang terpengaruh melemahnya nilai tukar rupiah karena sebagian besar usaha yang dilakukan oleh UMKM sebagian besar berbahan baku lokal.

    “Kalau pun itu misalnya berdampak, bisa saja berdampak tapi UMKM tidak teralu besar terutama yang menggunakan bahan baku lokal,” ucap Anton, kepada www.Jabarprov.go.id, dalam sebuah acara di Bandung.

    Perlu diketahui bahwa, krisis yang pernah melanda Indonesai pada beberapa tahun lalu ternyata tidak berpengaruh terhadap usaha kecil ini dan justru tetap bertahan.  (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus