Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Antisipasi Paham Yang Ganggu Ideologi Pancasila

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13873.jpg

    BANDUNG- Pemprov. Jabar, kini concern melaksanakan langkah antisipasi untuk mencegah bangkitnya ideologi yang mengganggu ideologi negara Pancasila.

    Hal demikian diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol, Agus Hanafi  dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (2/9).

    Menurut Agus, langkah  antisipasi atas potensi  gangguan terhadap ideologi  negara Pancasila,  diantaranya membangun pemahaman kepada masyarakat, bahwa Pancasila merupakan harga mati,  tidak boleh diganggu gugat sebagai satu-satunya Ideologi sehingga  jangan ada yang berpikir mempertanyakan Pancasila.

    Jika ada paham lain yang muncul seperti komunisme yang notabene mengganggu ideologi sudah seharusnya untuk  ditolak.

    Langkah antisipasi lainnya yang dilakukan, sambung Agus diantaranya melalui program  desiminasi, dan sosialisasi pemahaman Pancasila ke  masyarakat paling bawah, dengan sasaran masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pelosok.

    Pola langkah antisipasi diimplementasikan dengan  simulasi.Sementara untuk menelusuri ada tidaknya potensi ancaman terhadap ideologi, dibuat mapping peta potensi ancaman.

    Sementara itu, untuk pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan persuasif dengan cara bekerjasama  dengan TNI dan Polri. Diharapkan dengan pendekatan ini akan menimbulkan efek gentar.

    Dalam rangka menyelamatkan Ideologi Pancasila dari ancaman Ideologi lain yang membahayakan bertentangan dengan Pancasila, ujar Agus dalam bingkai NKRI yaitu kondisi Bhineka Tunggal Ika, perbedaan suku, agama, ras dan kepercayaan harus tetap dijaga. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus