Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Depan DWP Kemenag, Netty Heryawan Terangkan Ketahanan Keluarga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13937.jpg

    BANDUNG-Keluarga merupakan institusi sosial terkecil di masyarakat yang menjadi pilar bangsa. Dalam keluarga terjadi sebuah proses pola pengasuhan dan pembentukan karakter bagi anak di masyarakat saat bersosialisasi ketika tumbuh dewasa. Keluarga mempunyai fungsi fisiologis, psikologis, sosiologis dan transformasi.

    Lanjutnya, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan menyebutkan meliput fungsi keagamaan, fungsi kasih sayang, fungsi pembinaan lingkungan, fungsi reproduksi, fungsi ekonomi, fungsi sosial budaya, fungsi perlindungan dan fungsi sosialisasi dan pendidikan.

    Namun kenyataannya masih saja ada permasalahan sosial karena kerentanan keluarga, antara lain pernikahan dini, perceraian, ibu bekerja sebagai buruh migran, orangtua tunggal dan pengalihan pengasuhan. Selain itu Salah satunya kemiskinan yang mengakibatkan kerentanan dalam keluarga sehingga terjadi kekerasan, penelantaran dan pelecehan terhadap anak yang seharusnya dilindungi

    "Kemiskinan ini bukan saja miskin secara ekonomi tetapi yang bahayanya miskin secara mentalitas, kejiwaan dan pengetahuan atau informasi yang sangat mempengaruhi sumber daya manusia nantinya," tegasnya pada pertemuan rutin Dharma Wanita Wanita Kemenag Provinsi Jawa Barat dengan tema "Kita Tingkatkan Perlindungan Dan Ketahanan Keluarga" di Wisma BKM Bandung, Rabu (9/9).

    Sebagai solusi, Netty Heryawan menuturkan ada tiga aspek yang membangun Ketahanan Keluarga yaitu adanya pola komunikasi yang baik antar anggota keluarga, mempunyai visi yang sama dalam membangun keluarga serta pola penguatan dan pengembangan yang berkualitas.

    “Kuatnya ketahanan keluarga yang baik dengan meningkatkan sumber daya manusia sehingga dapat membentuk karakter yang kuat dengan membangun antibodi yang dapat terhindar dari permasalahan sosial yang ada,” harapnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus