Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkot Terjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13944.jpg

    CIMAHI- Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) menerjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban untuk memastikan bahwa hewan qurban yang diperdagangkan di wilayah Kota Cimahi benar-benar sehat.

    Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban Pemkot Cimahi berjumlah 18 orang dengan coordinator drh. Retno Wulan.

    “Kami akan mendatangi tempat-tempat penjualan hewan qurban di wilayah Kota Cimahi mulai Senin (14/9) hingga H-1 Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban 1436 Hijriyah,” kata drh. Retno Wulan, Koordinator Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban Pemkot Cimahi, yang juga Kepala Seksi Peternakan dan Perikanan Diskopindagtan Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Rabu (9/9).

    Pemeriksaan kesehatan hewan qurban, menurut drh. Retno, meliputi pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong  atau ante mortem dan pemeriksaan kesehatan setelah dipotong, pemeriksaan karkas dan jeroan atau post mortem untuk mencegah penularan penyakit zoonotik ke manusia.

    Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemantauan dan survelivans penyakit hewan dan zoonosis yang ditemukan pada pemeriksaan ante mortem dan post mortem guna pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular dan zoonosis di daerah asal hewan.

    Hewan qurban yang sehat bedasarkan hasil pemeriksaan ante mortem atau pemeriksaan kesehatan hewan qurban di tempat-tempat penjualan hewan qurban, maka hewan tersebut akan diberi kalung dengan label tanda sehat.

    “Kalau berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata hewan yang dijajakan oleh pedagang hewan qurban itu tidak sehat, maka hewan tersebut tidak akan diberi kalung berlabel tanda sehat. Dan kami akan mengimbau kepada pedagangnya supaya tidak menjajakan hewan tersebut,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus