Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jawa Barat Raih Predikat Juara Umum Hari Nusantara 2010

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/harnus1.jpg

    Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono menyerahkan Piala Juara Umum “Adibakti Mina Bahari” kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai rangkaian puncak acara Peringatan Hari Nusantara ke-11, Senin (13/12), yang dilaksanakan secara Nasional dirayakan di Lapangan Helipad Pertamina Pantai Melawai Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dengan mengambil tema “Hari Nusantara Membangkitkan Budaya Bahari”. Penghargaan itu diberikan karena Provinsi Jawa Barat berhasil menyabet Juara Pertama untuk 5 kategori penilaian.

    Hadir pada acara itu Ny. Herawati Boediono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad beserta Ny. Hana Hasanah,  Wakil Menteri Perhubungan, Wakil Kepala Staf TNI AL, Gubernur Provinsi Kaltim Awang Faroek Ishak, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Bupati dan Walikota se Kalimantan Timur, seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan undangan Lainnya. Peringatan Hari Nusantara merupakan penghormatan atas kegigihan Tokoh Nasional Juanda dalam memperjuangkan batas territorial laut dan perairan Indonesia.

    Wakil Presiden dalam sambutannya menyatakan  wilayah laut bukan disekitar pulau-pulau sejauh 3 mil dari pantai. Wilayah kita adalah satu kesatuan yang utuh dari Sabang sampai Merauke. Menurutnya laut bukanlah pemisah wilayah, maupun antar pulau. Keberadaan laut dan potensi di dalmnya justru menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku yang mendiami lebih dari 17 ribu pulau-pulau baik yang besar maupun yang kecil di se antero nusantara. Semua itu harus dimanfaatkan bagi kesejahterahan bangsa.

    Sementara Fadel menjelaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena berhasil memajukan sejumlah bidang perikanan dan kelautan aantara lain; Bidang Perikanan Budidaya, Perikanan Tangkap, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan serta Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan kepada Nelayan, Pembudidaya dan Pengolah Ikan, dan Kelompok Masyarakat Pengawas.

    Dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan apresiasinya. Menurutnya penghargaan ini merupakan bagian dari perhatian Pemerintah Pusat atas segala upaya Daerah dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan. Diharapkan menjadi motivasi semua pihak terkait untuk mengukir prestasi lebih baik lagi di masa mendatang. “Potensi yang melimpah di sektor kelautan dan perikanan harus menjadikan sektor ini. sebagai lokomotif perekonomian bangsa di masa depan,” tegasnya.

    Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor: KEP.71/MEN/2010 tertanggal 25 November 2010, tentang Penetapan Penerima Penghargaan Adibakti Mina Bahari. Dan Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai Juara Umum.  Dari beberapa kategori yang dilombakan, Jawa Barat berhasil menyabet 5 kategori Juara Pertama, yakni sebagai berikut; Juara I kategori,: (1) Penyelenggara Pelelangan Ikan Teladan (TPI Batukaras – Ciamis); (2) Kinerja Kelembagaan Kelompok/ Pokdakan Nila (Mina Lestari – Purwakarta); (3) Pokdakan Ikan Hias (Curug Jaya – Kota Depok), (4) Pokdakan Lele/Patin (Pandawa – Majalengka); (5) Kategori Kelembagaan Unit Pelayanan Teknis Daerah/ UPTD (Balai Pengembangan Budidaya Air Payau dan Laut/BPBAPL Karawang).

    Sementara itu menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, selain meraih Juara Pertama untuk 5 kategori, juga menyabet juara pada  kategori lainnya, seperti: Pokdakan Udang (Galah Jaya – Kota Banjar) meraih Juara Harapan I, Unit Pembenihan Rakyat (UPR/HSRT) (Setuju Mekar Jaya – Bogor) Juara II, dan Unit Pelayanan Pengembangan/UPP (Sejahtera – Sukabumi) Juara Harapan II.  Selain itu, Jawa Barat juga meraih Juara II kategori Usaha Kecil Menengah Pengolahan Terbaik Tingkat Nasional, yaitu Kelompok Kelapa Gading Kabupaten Indramayu.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus