Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Transformasi Kerudung Hingga Hijab

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13987.jpg

    BANDUNG - Peneliti dari Universitas Keio Jeoang Dr. Yo Nonaka menyebutkan, kerudung di Indonesia terus bertransformasi dari zaman ke zaman. Menurutnya, transformasi itu bukan hanya sekedar nama tetapi juga pada konotasi dan perubahan prilaku pemakainya.

    "Istilah kerudung dan jilbab kini dikonotasikan kolot, kuno dan tidak dinamis. Tetapi dengan istilah hijab konotasinya semakin positif, dinamis dan fesyenable. Bahkan para penggunanya yaitu wanita muslim, bisa bertransformasi prilaku juga dari pendiam, mengurung diri menjadi lebih aktif dan well inform" ujarnya dalam diakusi Transformasi Hijab di Indoneasia yang digelar Syafira Foundation di Masjid Salman ITB, Minggu (13/9).

    Tetapi menurut Nonaka, hebatnya perubahan konotasi itu tidak merubah para hijaber menjadi negatif, tetapi justru lebih memperhatikan unsur syar'i dalam mengenakan hijabnya.

    "Berdasarkan pengamatan dan pebelitian saya, meski lebih dinamis dan fesyenable, mereka tetap memeperhatikan unsur syar'i atau aturan dasar berhijab untuk menutup aurat wanita muslim" katanya.

    Menurut Nonaka, transformasi istilah kerudung, jilbab hingga ke hijab itu di Indonesia diinisasi okeh kalangan muda terutama di kampus-kampus, dan kelompok pengajian. (Pun).

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus