Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sektor Maritim Harus Manfaatkan Iptek

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14057.jpg

    BANDUNG -  Pemanfaatan iptek berperan penting dalam pembangunan di sektor maritim. Perguruan Tinggi  perlu mendorong penyiapan Sumber Daya Manusia yang berbasis iptek.

    “ Penyiapan tersebut meliputi pendidikan dan pelatihan maritim, jejaring informasi bahari, hingga penguatan aspek iptek maritime,” ujar Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti RI, Ir. Prakoso, MM.

    Ia mengatakan, Indonesia memiliki potensi sangat besar di sektor maritime, potensi tersebut perlu didukung kesiapan di berbagai sektor, seperti sumber daya manusia, iptek, dan infrastruktur.

    Lebih lanjut Prakoso menuturkan, potensi maritim meliputi sektor perikanan tambak, perikanan budidaya, kelautan, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi, hingga  pertambangan dan energi.

    Selain penguatan aspek tersebut, Perguruan Tinggi secara mutlak melakukan Tridharma dengan melakukan berbagai penelitian terkait kemaritiman, perkapalan, dan perikanan. Penelitian tersebut kemudian diaplikasikan di masyarakat sehingga dapat menjadi inovasi.

    “Masyarakatnya jadi terdidik, outputnya adalah manusia Indonesia yang mempunyai skill tinggi, berkarakter, dan pengetahuannya cukup,” kata Prakoso.

    Untuk itu, Prakoso berharap Perguruan Tinggi harus mampu menyiapkan SDM unggul melalui kurikulum pendidikan yang baik. keurikulum tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga bisa diaplikasikan langsung di sektor masyarakat. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus