Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menuju Berstandar Internasional, Badiklatda Jabar Berbasis TI

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14084.jpg

    BANDUNG- Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat, Dr.H. Herri Hudaya, MSi menyatakan, peluncuran atau launching Program Badiklatda Berbasis Teknologi Informasi sebagai jawaban dari upaya untuk mencapai visi yang telah ditetapkan oleh Badiklatda Jabar, yaitu menjadi badan pendidikan dan pelatihan daerah yang berstandar internasional menuju birokrasi berkelas dunia.

    “Menjadi aparatur berkelas dunia bukan hanya angan-angan, tetapi suatu kewajiban atau suatu keharusan. Dan aparatur berkelas dunia akan dapat dicapai apabila lembaga pendiidikan dan pelatihannya itu berstandar internasional,” kata Herri Hudaya pada acara Pembukaan Pameran Inovasi Projek Perubahan PNS Alumni Diklatpim Badiklatda Jabar dan Launching Program Badiklatda Berbasis Teknologi Informasi di Aula Gedung Badiklatda Jabar, Jalan Windu Nomor 26, Kota Bandung, Senin (21/9).

    Herri Hudaya mengungkapkan, salah satu misi dari Badiklatda Provinsi Jabar yaitu mengembangkan kompetensi dan kualifikasi profesi sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi informasi.

    “Inilah pada hari ini, Badiklatda melakukan launching Badiklatda Berbasis Teknologi Informasi yang juga merupakan hasil dari salah satu karya alumni Diklatpim II . Jadi, projek perubahannya itu membuat bagaimana supaya lembaga ini betul-betul berbasis teknologi informasi,” katanya.

    Badan Diklat Daerah Provinsi Jawa Barat, menurut Herri, saat ini telah membangun dan mengimplementasikan  sejumlah aplikasi teknologi informasi, yaitu pertama, website resmi Badan Diklat Jabar. Melalui web ini Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara dan masyarakat pada umumnya dapat mengakses informasi tentang kediklatan yang ter update setiap waktu.

    Kedua, dalam manajemen pelayanan kediklatan, telah dibangun pula aplikasi e-office kediklatan dan eksekutif information system yang secara betahap sedang disosialisasikan serta diimplementasikan.

    Yang ketiga, guna membantu calon peserta diklat,  Badiklatda Jabar telah mengimplementasikan aplikasi pendaftaran diklatpim secara online, sehingga para calon peserta tidak perlu lagi datang ke Jalan Windu, Kota Bandung, cukup mendaftarkan secara online di daerahnya masing-masing.

    Kemdudian untuk membantu para widyaswara., kini telah tersedia kapasitas aplikasi diklat online. Melalui aplikasi ini para widyaswara dapat meng uplod soal-soal ujian serta dapat berkomunikasi secara online dengan peserta diklat. Kemudian masih dalam mendukung proses belajar dan mengajar, pada saat ini telah dibangun pula aplikasi  live streaming dan video conference. Melalui aplikasi ini kegiatan belajar mengajar dapat ditampilkan secara live di web yang sudah  terintegrasi dengan website di badan diklat.

    “Melalui aplikasi ini pula dapat melakukan video conference berbasis web dan anroid. Kemudian aplikasi terbaru yang kami bangun yaitu system informasi akademik, dimana pada tahap awal ini telah dibuat aplikasi plagarisme, membantu para akademisi guna mendeteksi plagiat atau tidak suatu karya tulis, sepeti halnya projek perubahan para peserta diklat pada saat ini. Dari keenam aplikasi tersebut diintegrasikan dalam satu system yang dinamakan apliksi terintegrasi dengan domain www.badandiklat-web.id. Dengan system ini, maka apabila, mau mengakses salah satu aplikasi, kita tidak perlu menulis nama domain dari aplikasi tersebut, namun dengan mudah tinggal klik salah satu yang dituju,” jelasnya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus