Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disnak Kembangkan Sapi Pasundan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14128.jpg

    BANDUNG–Dinas Peternakan Prov.Jabar sedang mengembangkan gen asli dari sapi jenis Pasundan atau yang dulu dikenal dengan nama sapi Rancah. Menurut Kepala Dinas Peternakan Jabar Ir. Doddy Firman Nugraha, pengembangan itu dilakukan atas kerjasama Disnak dan Bio Farma, yang disebut teknologi Plasma Nutfah.

    “Kita bekerjasama diantaranya dengan PT Biofarma dalam pengembangan plasma nutfah untuk menghasilkan gen asli dari sapi Pasundan atau sapi rancah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa mendapatkan gen aslinya, dan bisa kita kembangbiakan” ujar Doddy.

    Menurut Doddy, sapi Pasundan adalah keturunan asli dari banteng di hutan Sancang Garut Selatan dan hutan Selatan sekitar Ciamis Jawa Barat.

    “Dahulunya adalah banteng asli Jabar Selatan seperti dari leuweung Sancang Garut Selatan, Pangandaran dan kawasan Rancah Ciamis. Oleh penduduk dicoba dikawinkan dengan betina sapi lokal, maka lahirlha sapi Rancah atau sekarang dikenal dengan sapi Pasundan” jelasnya.

    Pengembang biakan sapi khas Jabar itu penting untuk memiliki kekhasan ternak lokal, karena kualitasnya tidak kalah dengan sapi impor dan sapi dari Jateng dan Jatim. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus