Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ibadah Qurban Membentuk Karakter Berjiwa Sosial

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14144.jpg

    BANDUNG- SMK Negeri 11 Kota Bandung menggelar Pelatihan Manajemen Qurban, di Kampus SMK Negeri 11 Kota Bandung, Sabtu (26/9).

    Menurut Kepala SMK Negeri 11 Kota Bandung, Dra. Nani Sri Iriyani, kegiatan pelatihan manajemen qurban dari mulai persiapan, simulasi penyembelihan hewan qurban hingga pendistribusiannya dilaksanakan setiap tahun.

    “Selain memperingati hari keagamaan, kegiatan ini pun dalam rangka pembentukan karakter siswa agar memiliki jiwa sosial, peduli dan mampu melaksanakan serta bekerjsama dalam kegiatan keagamaan,” katanya.

    Dra. Titin Supriatin, Guru PAI sekaligus koordinator kegiatan menambahkan, pelatihan manajemen qurban terkait dengan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada KI.1-4 dan sebagai bukti riil pelaksanaannya di lapangan.

    Kegiatan dihadiri lebih dari 1500 orang terdiri dari komite sekolah, guru, dan siswa. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan, membuat laporan kegiatan pelaksanaan latihan manajemen qurban dan mengikuti prosesi penyembelihan hingga penyerahan daging qurban kepada mustahiq.

    Ustadz Drs. Yayat Sudrajat dalam tausyiahnya mengawali kegiatan tersebut menyatakan pentingnya kita berqurban sebagai bukti ketaatan kita kepada Allah SWT, membiasakan diri kita agar empati kepada sesama.

    Ketua IRM Formulas (Forum Muslim Sebelas) Mesjid Mujahidin SMK Negeri 11 Bandung, Fadil Kelas XI AP melaporkan, hewan yang  disembelih adalah 1 ekor sapi dan 4 ekor domba. Dua ekor domba qurban diantaranya merupakan titipan dari guru SMK Negeri 11 Bandung, 1 ekor hewan qurban atas nama Ilham Medal Junjunan bin Nani Sri Iriyani dan 1 ekor hewan qurban titipan atas nama Tri Komalasari binti Ojo Sumanan.

    Sedangkan 1 ekor sapi dan 2 ekor domba merupakan hewan yang digunakan sebagai simulasi penyembelihan hewan qurban. Hewan tersebut hasil infaq dan sodaqoh dari siswa, guru, donatur : PKPRI SMKN 11 Bandung (Koperasi), Bank Mini Terpadu SMKN 11 Bandung, donatur pribadi (Bpk. H. Endang Priadi), dan hamba Allah lainnya. Dana  yang terkumpul sebesar Rp 26.763.000,00 untuk kegiatan ini.

    Prosesi pemotongan hewan qurban dan penyerahan hewan qurban kepada mustahiq,  dari awal persiapan sampai evaluasi kegiatan dilakukan oleh siswa atas bimbingan guru pendamping. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus