Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Permen Radio Jaringan Melindungi Radio Lokal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14180.jpg

    BANDUNG – Peraturan Menteri Kominfo soal radio siaran swasta yang bersiaran jaringan, sesungguhnya untuk melindungi keberlangsungan hidup radio lokal. Menurut Kasubdit Radio pada Kemenkominfo I Gusti Ngurah Wirajana, Peraturan Menteri yang akan diterbitkan itu, bukan untuk mengekang siaran berjaringan. Hal itu diungkapkan Ngurah pada acara jaring aspirasi praktisi radio di Jawa Barat yang berlangsung di Kantor KPID Jabar, Jl Malabar Bandung, Selasa (29/9).

    “Ruh dari peraturan ini sebenarnya adalah melindungi keberlangsungan hidup dari radio lokal agar tidak tersisihkan oleh radio nasional dengan modal besar. Jadi bukan mengekang sebenarnya” ujar Ngurah.

    Oleh karena itu dalam draft Peraturan Menteri itu diatur persentase siaran berjaringan dengan siaran lokalnya.

    “Radio siaran swasta dengan sistem jaringan hanya boleh merelay siaran bersama 40 persen dari total jam siaran radio lokal. Setiap perubahan anggota dan radio induk dalam satu jaringan harus atas persetujuan Menteri Kominfo, dan juga konten siarannya tetap diawasi oleh KPI atau KPID” ujarnya.

    I Gusti Nguran Wirajana juga menyebutkan, dalam draft Peraturan Menteri itu juga diatur pesentase daerah dalam satu radio jaringan. Maksimal 15 persen dari total jumlah daerah Kabupaten Kota yang ada di Indonesia. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus