Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BAKOHUMAS GELAR BIMTEK PENINGKATAN KUALITAS KONTEN INFORMASI

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14217.jpg

    Pasca diterbitkannya Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, bulan Juni lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI gencar melakukan sosialisasi diantaranya dengan menggelar bimbingan teknis peningkatan kualitas konten informasi di Lombok (29/9/205). Kegiatan diikuti oleh 80 pemangku humas pemerintah dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, bertujuan  untuk meningkatkan  kompetensi sumber daya pengelola bidang layanan informasi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik. Tema ini diangkat guna mensosialisasikan Inpres tersebut dalam merespon dinamika lingkungan strategis yang berkembang saat ini.

    Acara dibuka oleh Direktur Kemitraan Komunikasi Kementerian Kominfo RI, Dedet Surya Nandika. Dalam sambutannya Dedet mengharapkan kegiatan Bimtek ini akan menghasilkan personalia Humas yang  mampu melakukan komunikasi publik secara professional, proporsional, memberikan pencerahan, pemberdayaan, dan edukasi yang sesuai dengan nilai – nilai kebangsaan kepada masyarakat. Selanjutnya Dedet mengatakan, Bakohumas merupakan forum kooordinasi dan kerjasama antar humas pemerintah dari lembaga pemerintah, lembaga Negara dan BUMN. Kehadirannnya tidak hanya sekedar untuk menjalin koordinasi dan kerjasama, tetapi juga sebagai wadah untuk integrasi dan sinkronisasi kegiatan humas pemerintah dalam rangka melayani dan mengelola informasi agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

    Lebih jauh dikatakannya, Humas pemerintah harus mampu mengirimkan pesan pemerintah atau narasi tunggal secara efektif,  karena masyarakat mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap kinerja pemerintah. Era keterbukaan informasi juga menuntut humas pemerintah untuk mampu melayani, mengelola dan mempermudah akses informasi publik. Menurutnya, pelayanan pengelolaan informasi publik yang professional akan mendorong partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan atas kebijakan publik pemerintah.

    Kegiatan Bimtek berlangsung selama 2 hari dengan nara sumber dari Media Indonesia Komunitas berisikan materi tentang agenda setting dan pembentukan opini publik, teknik mencari dan menggali informasi melalui internet dan analisa media. Selain itu peserta dibekali pula dengan meteri  teknik menulis siaran pers, berita, feature dan advertorial serta diakhir kegiatan peserta diwajibkan mengirimkan tulisannya baik berupa  siaran pers ataupun advertorial.

    Di sesi pertama pelatihan, Direktur Pemberitaan Media Indonesia,Usman Kansong menyajikan materi agenda setting dan pembentukan opini publik tentang revolusi mental. Menurutnya, sifat berita adalah subyektif, olehkarenanya tidak mengherankan muncul istilah agenda setting (pengaturan media). Walaupun dalam teori agenda setting dikenal dua jenis agenda yakni agenda media dan agenda publik, namun dalam perkembangannya, yang memiliki agenda bukan cuma media dan publik, tetapi entitas lain seperti pemerintah, parpol, korporasi juga memiliki agenda.  “Pertarungan agenda ini harus disikapi Humas dengan cerdas. Untuk itu humas pemerintah memang harus bekerja dengan waktu yang fleksibel, hadir setiap saat terutama pada saat krisis serta responsif, berbagi informasi dengan media dan publik ,” tegasnya.

    (vit-SKDI)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus